Trik Sahur Agar Anak Tetap Sehat

Trik Sahur Agar Anak Tetap Sehat
Agar anak tetap sehat dan semangat saat menyantap menu sahur, beberapa trik ini mungkin bisa langsung Ibu coba di rumah.
Anak-anak kerap mengantuk saat sahur dan jadi malas-malasan saat menyantap menu sahur. Hal ini sebaiknya tidak dibiarkan supaya buah hati Ibu tetap mendapatkan asupan gizi yang cukup selama berpuasa. Agar anak tetap sehat dan semangat saat menyantap menu sahur, beberapa trik ini mungkin bisa langsung Ibu coba di rumah.

Siapkan Bahan Makanan Tinggi Protein
Tahukah Ibu? sistem imun tubuh sebagian besar terdiri dari protein. Maka dari itu, asupan protein yang cukup dapat membantu si kecil tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa. Asupan protein bisa didapatkan dari beberapa bahan makanan seperti daging ayam, ikan, tahu, dan tempe. Ibu pun bisa menyajikan telur untuk si kecil, karena ada sekitar 6 gram protein dalam sebutir telur berukuran sedang. Baik telur rebus ataupun omelet, keduanya bisa menjadi makanan nikmat nan sehat untuk anak saat sahur.

Memasak Hidangan Sayur yang Variatif
Hidangan sahur berbahan dasar sayur juga tidak kalah penting untuk buah hati Ibu. Kandungan vitamin, mineral dan serat pada sayuran membuat daya tahan tubuh anak tetap terjaga dan terhindar dari risiko sembelit.

Jenis sayuran yang berbeda-beda bisa Ibu olah dengan cara yang bervariasi. Ibu bisa membuat aneka tumisan dengan menggunakan margarin Blue Band serbaguna. Bahkan margarin Blue Band serbaguna juga bisa digunakan untuk membuat sup dan aneka hidangan lain yang berbahan dasar sayuran. Pilihlah jenis sayuran yang praktis dan mudah diolah di waktu sahur seperti bayam, sawi, kembang kol, brokoli atau buncis.

Ajak Buah Hati untuk Minum Air Putih Dalam Jumlah yang Cukup
Waktu makan yang terbatas saat menjalani ibadah puasa disarankan diiringi dengan konsumsi air dalam jumlah yang cukup. Konsumsi air dalam jumlah yang cukup akan membuat metabolisme tubuh buah hati dan seluruh anggota keluarga lainnya tetap lancar selama berpuasa.

Ibu bisa mengajak buah hati untuk meminum air dalam putih jumlah yang cukup selama berpuasa. Selain itu, asupan cairan untuk tubuh juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah-buahan dan olahan hidangan berkuah seperti aneka jenis sup.

Jika Ibu kreatif mengolah resep masakan untuk anak saat sahur, niscaya anak-anak akan jadi makin bersemangat dan tetap sehat selama menjalani ibadah puasa. Jangan lupa gunakan margarin Blue Band Serbaguna untuk membuat kreasi hidangan sahur yang menggugah selera!


Sources:
Aulia, N. 1001 Cara Dahsyat Melatih Anak Berpuasa. Yogyakarta : Pustaka Grhatama.
goo.gl/GFas4E
modestmunchies.com/49-ways-to-get-kids-involved-in-ramadan/
healthxchange.com.sg/healthyliving/DietandNutrition/Pages/Ramadan-Fasting-What-to-Eat-During-Iftar-and-Suhoor.aspx
bbcgoodfood.com/howto/guide/best-sources-protein
kidshealth.org/kid/stay_healthy/body/protein.html

Accessed on 2 July 2015

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Pentingnya Menyantap Sarapan Setelah Berolahraga

Pentingnya Menyantap Sarapan Setelah Berolahraga

Setelah selesai berolahraga, tentu terasa letih dan melelahkan. Sebelum Ibu memutuskan untuk bersantai, jangan lupa menyantap sarapan bergizi untuk mengembalikan energi setelah berolahraga.
Nasi Goreng Kambing Kebuli yang Nikmat

Nasi Goreng Kambing Kebuli yang Nikmat

Nasi goreng kebuli merupakan salah satu hidangan nikmat untuk menu makan malam Anda. Selain rasanya yang lezat, nasi goreng ini ternyata mudah untuk dibuat.
Serunya Kreasi Tahu Tempe dengan Blue Band Serbaguna

Serunya Kreasi Tahu Tempe dengan Blue Band Serbaguna

Jika dipadukan dengan Blue Band Serbaguna, maka tahu dan tempe bisa disulap menjadi beragam kudapan lezat.
Agar Si Kecil Tak Rewel Selama Menjalani Ibadah Puasa

Agar Si Kecil Tak Rewel Selama Menjalani Ibadah Puasa

Mengajak anak berkreasi dengan resep kue kering lebaran bisa jadi cara ampuh untuk mencegah anak rewel saat berpuasa. Selain itu, yuk simak 3 cara ampuh lainnya!
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset