Tips Seputar Membuat Tumisan Ayam

Tips Seputar Membuat Tumisan Ayam
Sebelum Ibu membuat resep tumisan berbahan dasar ayam, simak dulu yuk beberapa tips seputar membuat tumisan ayam berikut ini.
Nah, sebelum Ibu membuat resep tumisan berbahan dasar ayam, simak dulu yuk beberapa tips seputar membuat tumisan ayam berikut ini:

Pilih Ayam yang Masih Segar dan Berkualitas
Menu tumis pada umumnya tidak memerlukan banyak bumbu. Oleh karena itu, ayam yang Ibu gunakan harus benar-benar segar dan berkualitas prima agar tidak mempengaruhi aroma menu tumis buatan Ibu. Ayam yang sudah kurang segar biasanya berwarna kebiruan, dengan tekstur yang mudah hancur dan aroma yang tidak sedap. Pastikan Ibu selalu menggunakan ayam segar yang baru dipotong dan masih terasa kenyal saat dipegang.

Membersihkan Bagian-Bagian Ayam
Jika Ibu tidak ingin membuat tumisan yang terlalu berminyak, Ibu bisa membuang kulit ayam yang masih melekat pada dagingnya saat proses pembersihan. Sementara untuk menghilangkan lendir dan aroma khas ayam, tambahkan saja sedikit garam dan air perasan jeruk nipis, lalu lumuri ke seluruh permukaan ayam hingga merata.

Menggoreng Ayam Sebelum Dicampur Dalam Tumisan
Menggoreng ayam sebelum dimasukkan ke dalam tumisan bertujuan agar tekstur ayam menjadi lebih padat, sehingga tidak mudah hancur saat ditumis. Ayam yang sudah digoreng terlebih dahulu juga akan membuat proses memasak tumisan menjadi lebih cepat dan praktis karena ayam sudah dalam keadaan matang. Menggoreng ayam sebelum ditumis juga akan memberikan sensasi yang berbeda ketika dinikmati. Karena, ayam akan memberikan tekstur renyah. Cukup lumuri ayam dengan sedikit tepung maizena lalu goreng dengan minyak panas sebelum diolah lebih lanjut.

Perlukah Menambahkan Air pada Tumisan Ayam?
Ayam yang belum digoreng akan mengeluarkan air ketika ditumis, sehingga Ibu tidak perlu menambahkan banyak air lagi. Namun, jika Ibu ingin menambahkan air atau kaldu ayam, tambahkan sedikit saja untuk memancing kaldu yang keluar dari ayam dan membantu bumbu meresap pada bahan-bahan tumisan.

Nah, usai membaca ulasan mengenai resep tumis berbahan dasar ayam ini, Ibu pasti akan lebih terampil mengolah variasi menu ayam. Jangan lupa tambahkan bahan pelengkap seperti sayur-sayuran agar tumisan ayam semakin bergizi.


Sources:
PT. Media Boga Utama. (2008). Menumis Ayam dengan Sukses. Sedap Pemula. Edisi 44/IX/2008.
Winata, M. (2005). Kudapan Serba Ayam. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
(http://goo.gl/qA7yhy)

Access time : 29th October 2014

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Agar Si Kecil Gak Gampang Sakit

Agar Si Kecil Gak Gampang Sakit

Cuaca yang gak menentu memang bisa berakibat buruk bagi si kecil, apalagi jika ia sedang dalam kondisi tidak fit. Ayo simak tips berikut agar si kecil tetap sehat dan gak gampang sakit.
5 Tips Agar Anak Semangat Sarapan di Pagi Hari

5 Tips Agar Anak Semangat Sarapan di Pagi Hari

Jika ingin membuat anak bersemangat dengan sarapan, Anda harus kreatif menyiapkan menu sarapan lezat yang bergizi dan menggugah selera di pagi hari.
Memotong Roti Juga Ada Tekniknya

Memotong Roti Juga Ada Tekniknya

Ketika memotong roti, Ibu patut memperhatikan beberapa hal ini supaya rotinya tidak berantakan dan tampak kurang menarik.
Kacang Tanah Kaya Omega 3 untuk Dukung Pertumbuhan Anak

Kacang Tanah Kaya Omega 3 untuk Dukung Pertumbuhan Anak

Selain untuk daya tahan tubuh, kacang tanah juga bisa membantu mendukung tumbuh kembang anak. Mulai sekarang Ibu pasti tidak ragu lagi berkreasi dengan kacang tanah.
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset