Tips Memilih dan Membuat Fillet Ikan

Tips Memilih dan Membuat Fillet Ikan
Ibu harus mempelajari beberapa teknik ini dulu sebelum membuat aneka hidangan berbahan dasar fillet ikan di rumah.
Solusinya, gunakan saja fillet ikan sebagai bahan dasar dalam aneka resep sehari-hari. Selain lezat dan kaya akan gizi, fillet ikan juga memiliki tekstur daging yang lembut dan mudah dicerna.

Nah, Ibu harus mempelajari beberapa teknik ini dulu sebelum membuat aneka hidangan berbahan dasar fillet ikan di rumah.

Memilih Ikan yang Berkualitas
Ikan yang cocok dijadikan fillet adalah jenis ikan yang ukurannya besar dan dagingnya tebal. Ikan dengan ciri-ciri tersebut bisa menghasilkan fillet ikan yang berukuran besar dan tidak mudah hancur saat dimasak. Beberapa jenis ikan yang cocok dijadikan fillet antara lain adalah ikan kakap putih, ikan tuna, salmon dan gindara. Pilihlah ikan yang tampilannya masih segar dengan insang dan mata yang jernih serta aroma amis yang tidak terlalu menyengat.

Membersihkan Ikan yang Akan Dibuat Menjadi Fillet
Ikan yang akan difillet harus dibersihkan secara tuntas agar mempermudah proses pembuatan fillet. Bagian ikan yang pertama kali harus dibersihkan adalah bagian sisik. Keroklah bagian sisik dengan menggunakan pisau yang tajam atau alat khusus. Selanjutnya, Ibu bisa membersihkan bagian insang dan organ-organ dalam perut ikan di bawah air yang mengalir. Bersihkan seluruh bagian ikan hingga tidak ada darah dan kotoran yang tersisa.

Trik Memotong Ikan
Ikan yang sudah dibersihkan segera siap untuk difillet. Ibu harus menggunakan pisau yang berukuran besar dan tajam untuk memudahkan proses fillet. Mulailah menyayat bagian pangkal ekor ikan dengan kedalaman pisau yang pas. Selanjutnya, Ibu tinggal menarik pisau yang sudah menyayat daging ikan hingga ke bagian atas tubuh ikan. Tariklah pisau secara dalam dan perlahan hingga sampai dibatas bawah kepala ikan. Cara ini cukup ampuh untuk menghasilkan potongan fillet ikan yang rapi dan berukuran besar.

Bagaimana, Bu? Tidak sulit, bukan? Kini pengetahuan Ibu untuk membuat resep sehari-hari jadi kian bertambah. Selanjutnya, olahan fillet ikan bisa dikreasikan dengan aneka resep sesuai dengan selera. Ibu bisa menggunakan margarin Blue Band Serbaguna untuk membuat hidangan yang istimewa, seperti resep fillet ikan dengan champignon. Blue Band Serbaguna akan membuat olahan fillet ikan Ibu menjadi lebih lembut, gurih, dan bergizi. Yuk, sajikan hidangan berbahan dasar fillet ikan di akhir pekan untuk si Kecil dan keluarga tercinta!


Sources:
blueband.co.id/resep/fillet-ikan-dengan-champignon/
fishcooking.about.com/od/howtochoosefreshfish/bb/buyingfish.htm
wwf.org.uk/how_you_can_help/change_how_you_live/think_about_what_you_eat/
top_ten_tips_for_buying_good_seafood.cfm
Tim Dapur Demedia. 2010. Aneka Olahan Ikan untuk Sehari-hari. Jakarta: DeMedia Pustaka. goo.gl/aIGQQE

Access time: 16th January 2015

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Manfaat Oatmeal dalam Resep Kue Kering

Manfaat Oatmeal dalam Resep Kue Kering

Oatmeal tidak hanya dapat memperkaya tekstur aneka kue kering, tetapi juga memberikan manfaat gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Simak beberapa manfaatnya berikut ini.
Kue Nastar Tak Harus Selalu Bundar

Kue Nastar Tak Harus Selalu Bundar

Aneka ide mengenai bentuk dan perpaduan resep kue nastar berikut ini tentu bisa memberi inspirasi baru bagi Ibu untuk membuat kue nastar jadi lebih spesial.
Mengatur Menu Makanan Sehat untuk Anak Setiap Hari

Mengatur Menu Makanan Sehat untuk Anak Setiap Hari

Menu sehari-hari memang sebaiknya dapat diatur dan direncanakan dengan baik. Ini sangat penting karena menu harian yang baik harus memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.
Trik Sahur Agar Anak Tetap Sehat

Trik Sahur Agar Anak Tetap Sehat

Agar anak tetap sehat dan semangat saat menyantap menu sahur, beberapa trik ini mungkin bisa langsung Ibu coba di rumah.
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset