Resep Kue Lapis Maksuba Khas Palembang

Resep Kue Lapis Maksuba Khas Palembang
Kue Maksuba merupakan salah satu kue khas Indonesia yang berasal dari kota Palembang. Kue ini rasanya lezat dan sekilas mirip dengan kue lapis.
Sumatera Selatan yang beribu kota Palembang ini memang sudah lama terkenal dengan wisata kota dan kulinernya. Jika berbicara tentang kulinernya, terdapat beragam makanan lezat yang bisa Anda nikmati di sini. Salah satu makanan khas dari Bumi Sriwijaya ini adalah kue maksuba. Kue yang mirip dengan kue bolu ini sudah cukup dikenal oleh para wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut.

Fakta Menarik dari Kue Maksuba

Kue maksuba ini memiliki cita rasa manis dan legit. Warnanya kuning dengan garis-garis hitam di tengahnya yang membuatnya terlihat seperti kue lapis. Bentuk garisnya yang tidak beraturan membuat kue ini menjadi unik.

Merupakan Kue yang Istimewa

Kue lezat ini biasanya menjadi sajian pada hari-hari penting seperti pada momen Idul Fitri atau pesta pernikahan. Kue ini termasuk hidangan yang istimewa karena sering disajikan dengan tujuan untuk menghormati para kerabat atau tamu yang datang pada hari tersebut. Di Palembang, kue ini biasanya dibuat oleh panggong, sebutan untuk juru masak tradisional Palembang yang mewarisi keterampilan memasak secara turun temurun.

Bentuk dan Teksturnya Unik

Banyak yang menyamakan kue maksuba dengan kue lapis karena saat sepintas melihatnya memang mirip. Kue maksuba memang tekstur berlapis yang mirip dengan kue lapis, tetapi terasa lebih lembut ketika digigit. Kue ini juga disebut-sebut merupakan adaptasi kue bingka dari Pontianak.

Pembuatannya Memiliki Tingkat Kesulitan Tinggi

Ternyata rasa enak dari kue maksuba dapat diperoleh dari perjuangan yang besar. Proses pembuatan kue ini cenderung tidak mudah. Semakin sering berlatih maka semakin terampil dalam membuat kue yang dibuat selapis demi selapis ini.

Memiliki Bahan-bahan yang Khas

Kue Maksuba dibuat dari 25 butir telur bebek jadi bisa dibayangkan lembutnya kue ini. Bahan lain yang diperlukan adalah gula pasir, mentega, susu putih kental manis, dan bubuk vanilla. Biasanya tiap lapis dibuat bergantian pada loyang yang berbeda kemudian ditumpuk satu per satu. Total durasi yang dibutuhkan untuk membuat kue ini adalah 3 jam.

Apakah Anda ingin mencoba membuat kue Maksuba? Yuk, simak resep membuat kue maksuba berikut ini!

Resep Kue Lapis Maksuba Khas Palembang

Bahan-bahan:
  • 250 gram Blue Band Cake & Cookie
  • 25 butir telur bebek
  • 500 gram gula pasir (sesuai selera)
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 1 sdm vanilla essence

Cara membuat:
1. Cairkan Blue Band Cake & Cookie, kemudian sisihkan
2. Setelahnya, campurkan telur dan gula dengan mixer hingga kedua bahan merata.
3. Masukkan susu aduk. Masukkan mentega cair dan vanila, aduk merata.
4. Siapkan loyang uk 20x20 yg sdh diolesi mentega dan kertas baking
5. Tuang satu sendok sayur adonan, panggang hingga kecoklatan, lalu keluarkan dari oven dan tuangkan lagi adonan.
6. Lakukan hingga adonan habis.

Tips Penting untuk Membuat Kue Maksuba

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, proses pembuatan kue maksuba membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Bahkan dapat dikatakan memiliki tingkat kesulitan tersendiri, karena bentuknya yang menyerupai kue lapis, maka kesulitan pembuatan ini sama dengan pembuatan kue lapis kebanyakan.

Walaupun langkahnya cukup sederhana, tetapi memang dibutuhkan kesabaran lebih untuk mengolah kue lezat ini. Yang perlu Anda tahu, kuncinya terletak pada proses pemanggangan. Membuat kue lapis semacam kue Maksuba yang membutuhkan puluhan telur dapat berakhir menjadi over-baked jika tidak hati-hati. Bahkan, bisa saja meleleh karena karena belum terlalu matang. Namun, tenang saja, karena terdapat trik dan cara untuk membuat kue Maksuba buatan Anda berhasil. Anda bisa anda mempelajari tips tersebut di bawah ini.

● Olah Mentega dengan Tepat

Cairkan mentega dengan kekentalan yang pas. Pilih mentega yang ada dalam kemasan kaleng, bukan mentega dalam kemasan aluminium foil atau yang terlalu lama disimpan di dalam kulkas. Mencampur mentega dan telur jangan sekaligus, tetapi lakukan secara bertahap tergantung banyaknya adonan. ● Pilih Telur dengan Keadaan yang Baik

Pilih telur yang segar. Cirinya dari telur segar, yaitu, kuning telurnya utuh dan bagian putih telurnya kental. Saat mengocok telur dengan gula, usahakan kedua bahan dapat tercampur dengan sempurna. telur harus benar-benar dalam keadaan bersih,. karena hal ni ini dapat mempengaruhi hasil akhir kue.

● Lakukan Pemanggangan dengan Cara yang Tepat

Sebelum memanggang, panaskan oven terlebih dahulu. Memanggang adonan kue maksuba sebaiknya dilakukan pada suhu oven yang tinggi. Untuk mematangkan setiap lapisnya, hanya memerlukan waktu lima menit saja. Paka loyang dengan ukuran yang sesuai. Setiap satu lapisan matang, tekan-tekan perlahan, supaya teksturnya tetap empuk.

● Olah Kue dengan Hati-hati

Saat menekan lapisan kue, lakukan dengan lembut, sehingga nanti akan menghasilkan lapisan yang cantik dan sempurna. Apabila muncul gelembung pada saat memanggang adonan, sebaiknya dipecahkan, untuk menghindari penampilan kue yang kurang sempurna. Anda bisa menggunakan tusuk sate untuk memecahkan gelembung tersebut.

● Pastikan Kue Matang dengan Sempurna

Jika Anda melihat beberapa bagian kue masih basah, setelah Anda menyelesaikan lapisan terakhir, panggang saja kue kembali sekitar 7-10 menit dengan suhu yang lebih kecil. Tutup lapisan atas kue dengan aluminium foil, sehingga kue tidak mengering dan menjadi keras. Untuk memastikan semua adonan terjaga dengan baik, taruh adonan yang belum dipanggang jauh dari oven. Dengan cara ini, adonan tersebut tidak akan terkena suhu panas, karena hal ini dapat mempengaruhi tekstur kue nantinya.

Nah, itulah sejumlah tips yang sangat berguna untuk membuat kue Maksuba yang lezat. Kue ini memang berbeda dengan kue bolu yang mungkin selama ini Anda tahu. Jika kue bolu sedikit terasa lengket saat dikunyah, kue maksuba ini terasa lebih halus dan lembut. Tidak heran karena pembuatannya memiliki tantangan tersendiri seperti saat membuat kue lapis. Selain dengan ketelitian dan kesabaran, Anda juga bisa mengikuti tips di atas untuk mendapatkan kue Maksuba yang sempurna. Selamat mencoba!


Sumber:
merahputih.com/post/read/kue-maksuba-buah-tangan-populer-dari-bumi-sriwijaya
etnikom.com/kue-maksuba-kue-lapis-asli-palembang/
resepdanmasakan.com/resep-kue-lapis-maksuba-khas-kota-palembang/
bobo.grid.id/read/08885649/kue-maksuba-kue-mirip-lapis-dari-palembang-yang-menjadi-primadona?page=all
resepkuerenyah.com/cara-membuat-kue-lapis-maksuba-lembut-enak/#!
viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/782625-mencicip-legit-dan-manisnya-kue-maksubah-khas-palembang
Diakses pada: 30 Januari 2019

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Nasi Goreng Seafood Sederhana yang Istimewa Disajikan di Rumah

Nasi Goreng Seafood Sederhana yang Istimewa Disajikan di Rumah

Sebelum membuat nasi goreng seafood yang praktis dan istimewa untuk keluarga, simak dulu tips-tips seputar pembuatan nasi goreng dan pemilihan bahannya.
5 Menu Sehat Untuk Anak Kurang Gizi

5 Menu Sehat Untuk Anak Kurang Gizi

Jika buah hati Anda menunjukkan gejala kurang gizi, mulailah berkreasi dengan menu sehat untuk anak kurang gizi demi memaksimalkan tumbuh kembangnya.
Memilih Nanas Segar untuk Bahan Dasar Kue

Memilih Nanas Segar untuk Bahan Dasar Kue

Aneka resep kue lebaran berbahan dasar nanas memang terasa lezat dan menggiurkan. Supaya bisa mendapatkan nanas terbaik, jangan lupa untuk mencermati beberapa tips berikut ini, ya!
Ajak Si Buah Hati Menyantap Melon, Yuk!

Ajak Si Buah Hati Menyantap Melon, Yuk!

Selain menggunakan produk Blue Band Serbaguna, Ibu juga bisa mengajak buah hati untuk menyantap melon karena memiliki manfaat omega 3 yang tidak kalah istimewa dari bahan makanan lainnya.
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset