Peralatan Membuat Bolu Kukus Mini

Peralatan Membuat Bolu Kukus Mini
Agar proses pembuatan bolu kukus mini semakin praktis, sebaiknya Ibu menyiapkan beberapa peralatan ini sebelum membuat kue bolu kukus. Yuk, simak sekarang.

Penasaran dengan resep kue bolu, Bu?

Variasi kue bolu saat ini semakin beragam. Jika bosan dengan kue bolu yang dipanggang, Ibu pun bisa mencoba membuat bolu kukus sendiri di rumah. Selain mudah cara membuatnya, bahan-bahan bolu kukus juga tidak sulit didapat. Persediaan margarin Blue Band Cake and Cookie di dapur Ibu pun siap menjadi bahan dasar bolu kukus.


Baca Juga: Bahan Yang Sering Digunakan Dalam Membuat Resep Kue Kukus

Selain memerlukan beberapa bahan dasar, Ibu juga perlu menyiapkan peralatan untuk membuat bolu kukus. Tentunya bolu kukus yang berukuran mungil ini akan tidak kalah dengan kreasi bolu lain. Jadi, siapkanlah resep bolu kukus dan peralatan berikut ini, ya.


Cup Kertas Aneka Ukuran

Cup kertas yang biasa digunakan sebagai alascupcake juga bisa digunakan untuk membuat bolu kukus. Mendapatkan cup kertas kini tidak sulit, karena pilihannya tersedia secara lengkap di toko bahan-bahan kue dan supermarket. Untuk ukuran cup kertas, Ibu bisa memilihnya sesuai selera dan kebutuhan.

Bila ingin membuat bolu kukus aneka rasa, sebaiknya Ibu menggunakan cup kertas berukuran kecil agar porsi bolu kukus tidak membuat buah hati lekas kenyang. Sebaliknya, jika bolu kukus ingin dijadikan hidangan penunda lapar maka pilihlah ukuran cup kertas yang agak besar.


Cetakan Bolu Kukus yang Berlubang

Cetakan khusus untuk bolu kukus biasanya berbentuk seperti cup dengan lubang-lubang di sekelilingnya. Cetakan ini nantinya harus dialasi dengan kertas roti. Lubang-lubang pada cetakan bolu kukus berfungsi untuk menekan uap air, sehingga kue akan pecah dan merekah ketika dikukus. Variasi cetakan bolu kukus berlubang terdiri dari bahan stainless steel serta plastik tahan panas.


Panci untuk Mengukus

Panci pengukus kue bolu biasanya berbentuk bulat. Namun ada pula yang bentuknya kotak dan disebut klakat. Biasanya klakat memiliki tutup yang meruncing untuk mencegah air menetes ke permukaan kue. Untuk panci bulat yang tutupnya berbentuk datar, sebaiknya tutup panci dibungkus dengan kain lap bersih untuk menahan uap air yang naik, karena uap air yang menetes pada bolu kukus bisa membuat permukaan bolu kukus jadi rusak dan gagal merekah.


Bahan Tambahan

Selain bahan dasar dalam membuat bolu kukus, alat lainnya yang seringkali digunakan adalah bahan tambahan dalam membuat bolu kukus yang dapat disesuaikan dengan jenis bolu kukus yang Ibu buat.

Terdapat beragam jenis bolu kukus yang bahan tambahannya bisa berupa pewarna makanan, cokelat bubuk, buah-buahan, serta emulsifier makanan yang biasanya selalu digunakan dan merupakan bahan tambahan utama.

Jika Ibu sudah menyiapkan resep, bahan, dan seluruh peralatan untuk membuat bolu kukus berarti kini Ibu siap berkreasi. Mau bolu kukus bercitarasa manis atau gurih, semuanya sama-sama lezat untuk cemilan si kecil di rumah. Selamat berkreasi!


Sumber:
Elisa. (2013). Bolu Kukus: Dari Masa ke Masa Klasik-Modern. Surabaya: Linguakata PT. Kawan Pustaka
(goo.gl/MX39Uf)
Andie & Hadi. (2015). Kreasi Bolu Kukus Istimewa. Surabaya: Linguakata PT. Kawan Pustaka.
(goo.gl/J0JakR)
Diakses pada: 14 April 2016

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Resep Fluffy Pancake Nikmat untuk Keluarga

Resep Fluffy Pancake Nikmat untuk Keluarga

Menghidangkan makanan lezat saat berkumpul dengan keluarga tentu akan sangat mengasyikkan. Jika Anda sedang mencari ide hidangan tersebut, coba saja resep fluffy pancake ini.
Salmon, Lezat dan Kaya Gizi

Salmon, Lezat dan Kaya Gizi

Mengonsumsi salmon memang sangat baik untuk kesehatan dan kebutuhan nutrisi tubuh. Sekarang mari pelajari dulu seluk beluk mengenai kandungan gizi dan cara mengolah ikan salmon!
Hari Pangan Sedunia

Hari Pangan Sedunia

Untuk merayakan Hari Pangan Sedunia kami ingin memulai sebuah misi bersama untuk memberikan makanan kepada ribuan anak melalui Yayasan Unilever yang bekerjasama dengan Program Pangan Dunia.
Temani Si Kecil Mengerjakan PR, Yuk!

Temani Si Kecil Mengerjakan PR, Yuk!

Untuk mendukung si buah hati agar lebih semangat, Ibu bisa lho ikut menemaninya membuat PR di rumah. Selain itu juga dapat membantu Ibu membangun kedekatan secara emosional dengan anak.
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset