Menanamkan Kebiasaan Makan yang Baik

Menanamkan Kebiasaan Makan yang Baik
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan kebiasaan makan makanan sehat adalah dengan melibatkan anak dalam proses pembuatan makanan tersebut.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan kebiasaan makan makanan sehat adalah dengan melibatkan anak dalam proses pembuatan makanan tersebut. Dengan begitu, anak dapat melihat proses pembuatan makanan sehat tersebut dan belajar untuk menghargai makanan dan di waktu yang sama, anak dapat belajar tentang pentingnya makan makanan sehat.


Anda dapat memulai kegiatan masak-memasak dengan resep yang sederhana. Sebagai contoh, cobalah dengan memasak tumis brokoli dengan daging asap. Kunci kesuksesan dalam kegiatan ini adalah dengan membuat anak Anda merasa bahwa kegiatan memasak adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Dengan pengawasan yang sesuai, anak Anda dapat ikut memasak walaupun dengan keadaan dapur yang akhirnya lebih kotor dari biasanya. Hal lain yang juga bisa Anda lakukan kepada anak Anda adalah dengan mengajarkan bagaimana menyiapkan roti sandwhich isi telur mata sapi, keju dan tomat. Kenapa? karena anak-anak pada umumnya menyukai roti dengan isi yang beraneka-ragam dan berwarna cerah.


Anda juga dapat membiarkan anak Anda memilih bahan-bahan makanan sehat apa yang akan ada di makanan mereka. Selalu perhatikan mereka dan tanya bahan makanan sehat apa yang mereka inginkan untuk di makanan mereka. Dengarkan jawaban mereka dan coba ceritakan nutrisi apa yang terkandung dalam bahan yang anak Anda pilih dan juga jelaskan kebutuhan nutrisi dan gizi yang mereka butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, mereka akan melalui kegiatan yang menyenangkan dalam menyiapkan makanan sekaligus belajar tentang nutrisi dan gizi.


Ketika anak Anda memiliki pengetahuan lebih tentang berbagai bahan makanan sehat, mereka akan dapat mengembangkan menu sehat mingguan. Anda dapat memberikan mereka peran kecil seperti memilih sayur-mayur dan jenis-jenis roti. Ini adalah hal yang baik untuk anak Anda lalui dalam memulai dan mengembangkan ide seputar menyiapkan makanan sehat.


Apapun pilihan mereka, tetaplah dukung dan ajarkan mereka agar tetap memilih makanan sehat. Coba juga kombinasi makanan baru, walaupun belum tentu berhasil, tapi hal tersebut akan menjadi proses belajar yang menyenangkan bagi anak Anda.


Anda juga dapat melibatkan anak Anda dalam merencanakan menu makanan keluarga Anda. Anak-anak biasanya sangat suka memilih dan memutuskan apa menu makan siang baik untuk di sekolah maupun di rumah. Dan jangan mencoba untuk mengajarkan resep makanan yang terlalu rumit karena akan membuat kegiatan memasak menjadi tidak menyenangkan lagi dan kemungkinan akan membuat anak Anda merasa bosan.


Dengan menanamkan kebiasaan menyiapkan dan makan makanan sehat sejak dini akan membuat kebiasaan baik tersebut melekat hingga anak dewasa nanti.

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Serba-Serbi Menu Sarapan Berbahan Dasar Jamur

Serba-Serbi Menu Sarapan Berbahan Dasar Jamur

Selain lezat untuk lauk, jamur juga cocok diolah menjadi menu sarapan pagi. Bahkan bekal anak sekolah berbahan jamur pun pasti membuat si kecil antusias menyantapnya.
Cara Membuat Masakan Capcay: Tips Tepat Agar Sayuran tetap Renyah

Cara Membuat Masakan Capcay: Tips Tepat Agar Sayuran tetap Renyah

membuat masakan capcay memang sangat praktis. Namun, anda tetap harus mempelajari teknik memasaknya agar capcay terasa lezat dan menggugah selera.
Cara Memanfaatkan Sisa Roti Tawat

Cara Memanfaatkan Sisa Roti Tawat

Sekarang waktunya Ibu mengambil sisa roti tawar di dapur dan membuat hidangan baru yang variatif dan lezat dengan memanfaatkan produk Blue Band Indonesia.
Tips Tepat Membuat Roti Bakar Bertekstur Renyah

Tips Tepat Membuat Roti Bakar Bertekstur Renyah

Bila selama ini Anda kurang mahir membuat roti bakar renyah, ulasan tips ini akan menjadi solusi tepat bagi Anda.
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset