Manfaat Gizi Biji Wijen Pada Kue Kering

Manfaat Gizi Biji Wijen Pada Kue Kering
Biji wijen biasanya digunakan pada aneka masakan khas Asia. Biji wijen juga ternyata memiliki banyak manfaat gizi. Simak info selengkapnya disini.

Biji wijen biasanya digunakan pada aneka masakan khas Asia. Meskipun demikian, kue kering bergaya barat juga sering menggunakan biji wijen sebagai topping untuk memperkaya tekstur dan rasa. Selain rasa yang khas, biji wijen juga ternyata memiliki banyak manfaat gizi, yaitu:



Mengandung Zinc yang Baik untuk Kulit dan Tulang
Zinc merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Jika tubuh memperoleh asupan zinc dalam jumlah yang optimal, maka produksi kolagen dalam tubuh menjadi lebih stabil, dan kulit pun menjadi lebih lembut dan halus. Selain baik untuk menjaga kesehatan kulit, zinc juga membantu menguatkan tulang dan gigi sehingga risiko osteoporosis bisa diminimalkan. Mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit ini terdapat pada biji wijen, dengan persentase sebesar 25 persen, per seperempat cangkir biji wijen.



Biji Wijen Tinggi Kandungan Protein
Biji wijen merupakan salah satu sumber protein nabati dengan kandungan protein yang cukup tinggi, mencapai 4,7 gram protein per sajian 100 gram. Oleh sebab itu, biji wijen dapat menjadi sumber protein yang baik bagi orang-orang yang menjalankan pola hidup vegetarian.



Kandungan Zat Sesamin dan Sesamolin
Kandungan zat sesamin dan sesamolin yang terdapat pada biji wijen digolongkan dalam kelompok serat bermanfaat, yang disebut lignans. Kedua zat tersebut juga berperan penting untuk menjaga kestabilan jumlah kolesterol dalam darah dan kestabilan tekanan darah. Dengan demikian, tubuh akan menjadi lebih sehat dan risiko penyumbatan pembuluh darah bisa diminimalkan.



Lihat, terbukti ‘kan bahwa biji wijen tidak hanya berfungsi sebagai pelengkap kue kering, tetapi juga bisa memberikan gizi yang baik untuk kebugaran tubuh. Semoga informasi ini menambah pengetahuan dan keterampilan Ibu, ya. Selamat mencoba!




Sources :
naturalsociety.com/12-health-benefits-of-sesame-seeds-sesame-oil/
whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=84
care2.com/greenliving/8-super-health-benefits-of-sesame-seeds.html



Access time : 16th November 2014

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Kelezatan Shawarma yang Tiada Tara

Kelezatan Shawarma yang Tiada Tara

Penggemar kebab pasti sudah tak asing lagi dengan jenis sandwich yang satu ini. Ya, shawarma. Shawarma adalah salah satu jenis sandwich non vegetarian yang berasal dari kawasan Timur Tengah.
Ingin Makan Mie dan Nasi Goreng Buat Saja Nasi Goreng Mawut

Ingin Makan Mie dan Nasi Goreng Buat Saja Nasi Goreng Mawut

: Tahukah Anda bahwa cara membuat nasi goreng mawut ternyata praktis dan bahan-bahannya mudah didapat? Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini!
Apa Bedanya Mentega Dan Margarin

Apa Bedanya Mentega Dan Margarin

Jangan bingung membedakan mentega dan margarin. Ulasan lengkap berikut ini akan menambah pengetahuan Anda tentang kedua bahan makanan tersebut.
Belajar Membuat Rainbow Cake, Yuk!

Belajar Membuat Rainbow Cake, Yuk!

Membuat rainbow cake sebenarnya tidak sesulit yang Ibu bayangkan, tips membuat kue kali ini akan membuat Ibu lebih mahir membuat rainbow cake di rumah.
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset