Makan Apa Hari Ini Sudahkah Nutrisi Keluarga Anda Terpenuhi

Makan Apa Hari Ini Sudahkah Nutrisi Keluarga Anda Terpenuhi
Sudah makan apa Anda hari ini Apakah nutrisi Anda dan keluarga sudah terpenuhi dengan menu makanan yang disajikan

Urusan makan di rumah bukan sekadar untuk mengenyangkan perut saja. Lebih dari itu, aktivitas makan juga harus mampu memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga. Pertanyaan tentang makan apa hari ini tidak hanya membutuhkan jawaban berupa menu makanan lezat. Melainkan juga harus dipenuhi dengan sajian makanan yang nutrisinya seimbang.


Serba Serbi Kebutuhan Gizi Harian Untuk Menu Makan Apa Hari ini

Kalau Anda sering mendapat pertanyaan tentang makan apa hari ini dari anggota keluarga lainnya, berarti Anda harus lebih kreatif ketika menyiapkan makanan. Sebelum mencari tahu tentang resep-resep makanan bergizi, alangkah lebih baik jika Anda memahami serba-serbi kebutuhan gizi harian bagi keluarga Anda.


Harus Dimulai Dari Sarapan Pagi

Pertanyaan tentang makan apa hari ini pasti sudah mulai dilontarkan keluarga sejak pagi hari. Faktanya, kebutuhan nutrisi harian memang harus dipenuhi sejak pagi hari. Menu sarapan pagi yang bergizi merupakan sumber energi yang penting bagi seluruh anggota keluarga. Karena tubuh butuh energi yang cukup sebelum mulai beraktivitas.

Oleh sebab itu, Anda harus senantiasa menyiapkan menu sarapan lezat yang bergizi untuk menggugah selera keluarga. Selain menu sarapan berupa aneka sandwich, nasi goreng dan sarapan berbahan dasar kentang juga tidak kalah menarik. Ada banyak sekali resep sarapan praktis yang bergizi dan bisa diolah dalam waktu singkat. Anda juga harus memastikan bahwa sajian sarapan tersebut tidak mengandung kalori berlebihan. Agar Anda dan keluarga terhindar dari risiko kenaikan berat badan dan penyakit serius lainnya.


Jangan Pernah Mengabaikan Karbohidrat

Semua orang butuh asupan karbohidrat sebagai sumber energi utama bagi tubuh. Orang yang sedang menjalani proses penurunan berat badan pun tetap membutuhkan asupan karbohidrat. Jadi, jangan pernah mengabaikan asupan karbohidrat dalam hidangan buatan Anda. Karbohidrat bukan hanya terkandung dalam nasi. Anda juga bisa mendapatkan asupan karbohidrat dari jagung, sagu, umbi-umbian, gandum, dan bahan makanan lainnya. Konsumsi karbohidrat tidak akan menimbulkan rasa kantuk atau kenaikan berat badan secara drastis jika jumlahnya tidak berlebihan.


Sumber Asupan Lemak Yang Sehat

Semua orang membutuhkan asupan lemak untuk mendukung proses metabolisme tubuh. Tidak hanya menjadi sumber energi, asupan lemak juga bermanfaat untuk mendukung kinerja organ hati dan melarutkan vitamin A, D, E, dan K. Namun, Anda harus lebih cermat memilih sumber asupan lemak dalam bahan makanan. Sebab tidak semua bahan makanan mengandung lemak tidak jenuh yang baik untuk tubuh.

Urusan makan apa hari ini bukan cuma untuk memuaskan lidah, tetapi juga harus bermanfaat bagi tubuh. Anda bisa memperoleh asupan lemak sehat dari berbagai bahan makanan seperti kacang-kacangan, avokad, dan aneka jenis ikan. Sedangkan lemak hewani dari daging unggas dan hewan ternak lainnya harus dikonsumsi dalam jumlah sedikit. Agar tidak memicu peningkatan kadar kolesterol dan penyumbatan pembuluh darah.

Kini, Anda juga bisa memperoleh asupan lemak sehat dari margarin Blue Band. Bahkan, margarin Blue Band tidak hanya mengandung lemak nabati. Anda juga bisa memperoleh asupan vitamin A, B1, B2, D,E serta omega 3 dan 6 yang sangat dibutuhkan tubuh. Penggunaan margarin Blue Band sebagai bahan dasar akan membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus membuat aneka hidangan jadi semakin lezat. Margarin Blue Band Serbaguna cocok untuk membuat hidangan utama, menu sarapan, dan aneka camilan. Sedangkan margarin Blue Band Cake and Cookie paling pas untuk kreasi kue kering dan cake yang dipanggang.


Konsumsi Sayur Dan Buah Dalam Jumlah Banyak

Anda dan keluarga tidak perlu ragu mengonsumsi sayur dan buah dalam jumlah banyak. Karena sayur dan buah adalah bahan makanan rendah kalori yang kaya vitamin, mineral, dan serat. Konsumsi sayur dan buah bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Karena kandungan seratnya butuh waktu cerna yang lebih lama dibandingkan jenis nutrisi lain. Pastikan bahwa Anda mengolah sayur dan buah tanpa minyak atau gula berlebihan. Supaya kandungan nutrisinya tetap seimbang ketika dikonsumsi. Olahan sayur dan buah alami yang dimasak sendiri pasti jauh lebih sehat dibandingkan produk olahan siap saji dalam kemasan.


4 Kreasi Masakan Untuk Menu Makan Apa Hari Ini Yang Kaya Nutrisi

Banyak sekali bahan makanan yang bisa Anda olah menjadi hidangan lezat dan bergizi. Beberapa menu istimewa berikut ini tentu bisa menjadi referensi yang tepat bagi Anda. Sehingga Anda tidak bingung lagi menentukan kreasi masakan untuk keluarga:


1. Aneka Tumisan

Menu makanan yang ditumis adalah sajian lezat yang kaya nutrisi dan mudah dibuat. Anda bebas memadukan aneka jenis sayur dan bahan makanan sumber protein hewani saat membuat tumisan. Hampir semua jenis sayuran cocok ditumis, misalnya kembang kol, sawi, kangkung, dan genjer. Sebagai pelengkap, Anda dapat menambahkan irisan daging sapi, ayam, udang, atau cumi-cumi sesuai selera. Menu tumisan akan terasa lebih sedap dan harum bila Anda juga menggunakan margarin Blue Band Cake and Cookie sebagai bahan dasar.


2. Beragam Jenis Pepes

Kalau sedang bingung menentukan hidangan untuk keluarga, Anda bisa mencoba berkreasi dengan menu pepes. Banyak sekali bahan makanan yang bisa dipepes, seperti ikan, ayam, oncom, tahu, dan jamur. Pepes merupakan sajian makanan yang nikmat sekaligus rendah kalori. Anda bisa mendapatkan asupan protein yang seimbang bila membuat pepes dengan bahan dasar ikan, ayam, dan produk turunan kedelai. Anda juga dapat membuat pepes dalam jumlah banyak untuk persediaan hidangan selama beberapa hari. Pepes yang belum disantap bisa disimpan di lemari pendingin agar tetap awet.


3. Hidangan Yang Dipanggang Atau Dibakar

Membuat kreasi hidangan yang dipanggang kini tidak sulit lagi, karena sudah banyak peralatan memanggang yang praktis untuk kebutuhan rumah tangga. Sajian hidangan yang dipanggang bukan hanya lezat dan bisa dipadukan dengan aneka jenis bumbu. Lebih dari itu, hidangan yang dipanggang juga sangat sehat karena lebih rendah lemak dibandingkan makanan yang digoreng. Anda bisa menentukan kreasi hidangan yang dipanggang sesuai selera, misalnya ayam, ikan, daging sapi, dan aneka jenis seafood lainnya.


4. Olahan Telur Yang Selalu Disukai

Ketika ada yang bertanya makan apa hari ini di rumah, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat aneka olahan berbahan dasar telur. Makanan berbahan dasar telur memang senantiasa lezat dan disukai semua orang. Menu-menu berbahan dasar telur yang mudah dibuat antara lain omelet, telur balado, sup telur, dan telur kukus. Anda juga dapat memanfaatkan telur untuk membuat aneka kue yang dikukus maupun dipanggang. Persediaan telur harus selalu ada di dapur supaya Anda bisa membuat aneka makanan secara praktis dan cepat.

Mulai sekarang, jadikan pertanyaan makan apa hari ini sebagai tantangan untuk membuat hidangan yang lebih istimewa dari biasanya. Jika anggota keluarga lebih suka makan di rumah, keinginan untuk jajan pun dapat diminimalkan. Keluarga akan lebih sehat dan upaya penghematan pun jadi lebih maksimal.


Sumber:
hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/cara-menghitung-kebutuhan-gizi/
alodokter.com/memenuhi-gizi-seimbang-dengan-panduan-piring-makan
hellosehat.com/hidup-sehat/makan-makanan-yang-sama-tiap-hari/
halosehat.com/makanan/makanan-sehat/daftar-contoh-menu-makanan-sehat-sehari-hari
sunlight.co.id/artikel/detil/1309337/tips-nutrisi-untuk-menjaga-kesehatan-keluarga
hipwee.com/tips/6-menu-makanan-sehat-untuk-sarapan-suami-dan-anak-enak-dan-nggak-ribet-bikinnya/

Diakses pada: 12 Juli 2018

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Tips Sukses Membuat Cupcake

Tips Sukses Membuat Cupcake

Daripada bosan membuat aneka kue kering atau cake, lebih baik pelajari tips berikut ini untuk mencoba mempraktikkan resep cupcake di rumah.
Ingin Hidup Sehat? Inilah Panduan Pola Makannya!

Ingin Hidup Sehat? Inilah Panduan Pola Makannya!

Ingin menjalankan pola hidup sehat? Mari mulai berkreasi dengan resep makanan sehat dan ikuti beberapa tips simpel dari Blue Band berikut ini.
Kacang Tanah Kaya Omega 3 untuk Dukung Pertumbuhan Anak

Kacang Tanah Kaya Omega 3 untuk Dukung Pertumbuhan Anak

Selain untuk daya tahan tubuh, kacang tanah juga bisa membantu mendukung tumbuh kembang anak. Mulai sekarang Ibu pasti tidak ragu lagi berkreasi dengan kacang tanah.
Memilih Daging Ham untuk Variasi isi Sandwich

Memilih Daging Ham untuk Variasi isi Sandwich

Nah, supaya kreasi sandwich berbahan dasar daging ham selalu disukai anak, alangkah baiknya jika Ibu memperhatikan tips cermat memilih ham berikut ini.
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset