Langkah Tepat Membangun Bisnis Kue Kering pada Momen Lebaran

Langkah Tepat Membangun Bisnis Kue Kering pada Momen Lebaran
Membangun bisnis kue kering harus dilakukan secara cermat. Ada beberapa langkah yang mesti Anda pahami agar bisnis tersebut bisa berjalan lancar.
Orang yang gemar membuat kue biasanya bercita-cita membangun bisnis kue secara mandiri. Cita-cita tersebut memang tepat dan tidak sulit untuk diwujudkan, karena Anda tidak butuh modal besar untuk memulainya. Anda bisa merintis bisnis kue kering dengan memanfaatkan momen menjelang lebaran.

Langkah-Langkah Membangun Bisnis Kue Kering

Bila Anda mengikuti langkah-langkah membangun bisnis kue berikut ini, niscaya bisnis tersebut akan sukses dan mendatangkan keuntungan besar.

Membuat Analisis SWOT

Jangan Mengabaikan analisis tentang kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (Strength, Weakness, Opportunity, Threat atau SWOT) dalam bisnis kue kering. Analisis SWOT harus dilakukan sebelum memulai bisnis. Supaya Anda bisa mengidentifikasi peluang maupun ancaman yang berbahaya bagi bisnis Anda. Selain itu, Anda juga wajib mengutamakan kekuatan dan meminimalkan kelemahan saat membangun bisnis kue kering. Agar bisnis Anda berhasil unggul dalam persaingan pasar.

Menentukan Jenis-Jenis Kue Kering

Hal selanjutnya yang wajib Anda lakukan bila ingin membangun bisnis kue kering adalah menentukan aneka jenis kuenya. Tentukan aneka jenis kue kering yang akan menjadi produk bisnis Anda. Pada umumnya, semua bisnis kue kering kerap menghadirkan produk-produk kue populer yang disukai banyak orang. Beberapa contoh kue kering yang sangat disukai antara lain kue nastar, kastengel, putri salju, dan kue lidah kucing. Selain produk-produk kue kering populer, Anda juga dapat menghadirkan produk kue kering lain yang menjadi resep andalan Anda.

Mencari Referensi Resep Kue Terbaik

Proses mencari referensi resep kue terbaik harus dilakukan secara teliti. Karena Anda wajib menemukan resep kue terbaik yang sesuai dengan selera mayoritas calon pelanggan Anda. Kini, Anda bisa mencari referensi resep kue kering di internet, buku resep, atau majalah. Usahakan untuk menggunakan takaran dalam resep secara konsisten agar cita rasa kue kering buatan Anda senantiasa terjaga.

Selalu Menggunakan Bahan-Bahan Berkualitas

Bahan-bahan yang mutunya lebih rendah mungkin bisa menghemat biaya produksi. Namun, bahan-bahan tersebut juga akan menghasilkan kue kering yang kualitasnya terbilang rendah. Demi menghadirkan kue kering terbaik, Anda wajib menggunakan bahan-bahan berkualitas.

Salah satu jenis bahan yang tak boleh luput dari perhatian Anda adalah margarin Blue Band Cake and Cookie, karena varian margarin Blue Band yang satu ini memang cocok untuk membuat aneka kue kering. Teksturnya yang lembut dan aromanya yang menggugah selera selalu berhasil menyempurnakan aneka resep kue kering. Membuat kue kering yang lezat untuk dijual jadi lebih praktis kalau Anda mengandalkan Blue Band Cake and Cookie yang merupakan perpaduan sempurna margarin dan butter sehingga memberikan aroma yang harum dan rasa lembut khas butter pada beragam kue yang anda buat.

Jangan Malas Melakukan Uji Coba

Walaupun Anda sudah yakin dengan resep-resep kue kering andalan Anda, tetap saja Anda harus melakukan uji coba beberapa kali. Selain memantapkan teknik pembuatan kue kering, hasil uji cobanya bisa menjadi tester untuk orang-orang terdekat. Ajaklah keluarga, sahabat, tetangga, dan kerabat lainnya untuk mencicipi kue kering buatan Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan kritik dan saran yang bermanfaat sebelum Anda merintis bisnis kue kering. Jika kue kering buatan Anda sangat disukai oleh orang-orang, berarti Anda benar-benar siap membangun bisnis kue kering.

Menentukan Harga yang Tepat

Bisnis kue kering memang termasuk bisnis yang persaingannya ketat. Itulah sebabnya Anda tidak bisa menentukan harga yang terlalu tinggi dalam bisnis tersebut. Usahakan agar harganya tetap kompetitif tanpa mengesampingkan keuntungan yang bisa Anda peroleh. Meskipun keuntungannya tidak besar, Anda tetap berkesempatan meraih untung melimpah bila kebanjiran pesanan menjelang lebaran.

Gencar Melakukan Promosi

Hal penting lainnya yang tak boleh luput dari perhatian Anda adalah promosi bisnis. Anda bisa melakukan promosi bisnis secara mudah melalui media sosial. Selain membuat akun media sosial khusus, jangan pelit memberikan promosi berupa potongan harga khusus. Sehingga para pengguna media sosial tergugah untuk mencoba produk kue kering Anda.

Mengapa Bisnis Kue Kering Sangat Menguntungkan Jelang Lebaran?

Bisnis kue kering seringkali menjadi pilihan para ibu di bulan Ramadhan. Selain untuk menyalurkan hobi membuat kue, juga bisa mendatangkan keuntungan. Apa saja alasan keuntungan dari bisnis kue kering?

Modal Awal Relatif Kecil

Bisnis kue kering bisa dirintis dengan modal awal ratusan ribu rupiah saja. Dari modal kecil tersebut, Anda bisa memanfaatkan keuntungannya sebagai tambahan modal. Sehingga perputaran modal tersebut akan membuat bisnis kue kering Anda semakin besar.

Omset Bisnis Berlipat Ganda

Orang-orang yang malas atau terlalu sibuk untuk membuat kue kering sendiri biasanya memutuskan untuk membeli. Di samping itu, kue kering juga kerap menjadi pilihan buah tangan atau hadiah utama yang dipesan untuk orang-orang terdekat. Sehingga kebutuhan kue kering menjelang lebaran memang meningkat secara signifikan. Omset bisnis kue kering akan berlipat ganda menjelang lebaran. Anda pun harus menyiapkan bahan baku dan perencanaan lainnya sejak jauh hari.

Kue Kering Lebih Tahan Lama Dibandingkan Jenis Kue Lainnya

Keuntungan bisnis kue kering yang tak kalah penting adalah kondisi kue kering jauh lebih tahan lama dibandingkan jenis kue lainnya. Kue kering yang terbuat dari bahan baku berkualitas bisa disimpan selama dua hingga tiga bulan. Maka Anda tidak perlu khawatir bila masih ada stok kue kering yang belum laku terjual. Bandingkan dengan cake atau kue basah yang hanya dapat bertahan beberapa hari saja.

Jenis Kue Kering Sangat Bervariasi

Variasi kue kering istimewa dapat diwujudkan dengan menggunakan bahan-bahan yang berbeda. Tak mengherankan bila jenis kue kering kini semakin banyak dan membuat Anda lebih mudah mengembangkan inovasi produk. Agar pelanggan tidak bosan dengan kue kering yang itu-itu saja, jangan malas mencari referensi resep kue kering yang sedang populer.

Jadi, apakah Anda sudah siap membangun bisnis kue kering impian Anda? Konsistensi dan kreativitas merupakan modal awal yang berharga untuk merintis bisnis kue kering yang prospeknya senantiasa cemerlang.

Sumber:
cermati.com/artikel/tips-menjalankan-bisnis-kue-kering-jelang-lebaran
pojokbisnis.com/peluang-usaha/peluang-usaha-kue-kering-rumahan
cermati.com/artikel/mendadak-kaya-dari-usaha-kue-kering-ini-tipsnya-biar-banjir-orderan
koinworks.com/blog/bisnis-kue-kering/
Diakses pada: 16 April 2019

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Resep Kue Lapis Maksuba Khas Palembang

Resep Kue Lapis Maksuba Khas Palembang

Kue Maksuba merupakan salah satu kue khas Indonesia yang berasal dari kota Palembang. Kue ini rasanya lezat dan sekilas mirip dengan kue lapis.
Sarapan Tidak Harus Selalu Nasi Goreng Lho, Bu!

Sarapan Tidak Harus Selalu Nasi Goreng Lho, Bu!

Dalam waktu 10 menit saja, beberapa jenis hidangan ini bisa tersaji sebagai menu sarapan pagi, karena sarapan pagi yang praktis dan bergizi tidak selalu harus nasi goreng.
Inspirasi Bingkisan Kue Lebaran untuk Handai Taulan

Inspirasi Bingkisan Kue Lebaran untuk Handai Taulan

Daripada membeli bingkisan lebaran yang harganya mahal, jauh lebih baik jika Ibu membuat sendiri bingkisan berisi aneka kue kering untuk handai taulan.
Hindari Kegagalan Ini Saat Membuat Kue Nastar

Hindari Kegagalan Ini Saat Membuat Kue Nastar

Kue nastar adalah resep kue paling populer di Indonesia. Meski cara membuatnya mudah, Ibu tetap harus teliti agar terhindar dari beberapa kesalahan ini.
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset