Jangan Panik Kalau Si Kecil Tidak Suka Makan Nasi

Jangan Panik Kalau Si Kecil Tidak Suka Makan Nasi
Ibu tidak perlu panik jika si kecil tidak suka nasi. Menu makanan sehat dan kreasi bekal ternyata tidak harus berupa nasi untuk mencukupi kebutuhan gizi anak.
Nasi memang salah satu makanan pokok bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Menghadapi anak yang tidak suka makan nasi adalah suatu tantangan berat bagi para orang tua. Pasti Ibu merasa khawatir dengan tumbuh kembang buah hati Ibu yang tak suka makan nasi. Padahal, ternyata nasi bukan satu-satunya sumber karbohidrat Jadi, bagaimana sih cara menghadapi anak-anak yang tidak suka makan nasi?

Jangan Paksa Si Kecil untuk Makan Nasi
Sebaiknya orang tua tidak memaksa anak untuk makan nasi. Hal ini justru akan membuat si kecil semakin enggan makan nasi dan lebih memilih makanan lain. Untuk menyiasatinya, Ibu bisa menyediakan variasi karbohidrat lain seperti mie, pasta, bihun, kentang, dan umbi-umbian. Meskipun tidak mendapatkan asupan karbohidrat dari nasi, bahan makanan lain juga dapat membantu memenuhi kebutuhan energi harian si kecil.

Mengolah Nasi dengan Cara yang Kreatif
Perilaku anak yang tidak suka nasi belum tentu berlanjut sampai dewasa. Ibu bisa menyiasatinya dengan beragam cara kreatif mengolah nasi. Tentu saja Ibu bisa membuat nasi yang diselimuti dengan telur, bola-bola nasi, lontong, atau beraneka macam menu nasi lainnya. Mungkin saja si kecil menjadi tertarik dengan menu nasi buatan Ibu bila penampilannya tampak menggugah selera.

Siapkan Camilan Bergizi untuk Kebutuhan Si Kecil
Jika makanan yang disantap si kecil kurang memenuhi kebutuhan gizi hariannya, Ibu bisa membuat aneka camilan sehat sebagai makanan selingan. Camilan bercita rasa gurih atau manis yang terbuat dari margarin Blue Band Serbaguna tentu akan membuat si kecil tergiur. Agar tidak membosankan, Ibu juga bisa membuatkan camilan sebagai bekal anak sekolah. Buatlah si kecil senantiasa penasaran menantikan kejutan yang Ibu siapkan di kotak bekalnya.

Berkreasi Bersama Si Kecil di Dapur
Anak-anak tentu akan lebih bersemangat jika bisa berpartisipasi membuat menu makanan sehat yang diinginkan. Oleh sebab itu, sesekali Ibu bisa mengajak si kecil untuk ikut memasak di dapur.

Kenalkan aneka bahan makanan bergizi seperti berbagai jenis sayur dan daging yang biasa dimasak kepada anak.Ibu juga bisa mengajak buah hati untuk mencari referensi resep makanan yang diinginkan di internet. Sehingga nantinya si kecil jadi lebih tergugah menyantap makanan yang dibuatnya sendiri.


Sumber:
tabloidnova.com/Keluarga/Anak/Makan-Nasi-Bukan-Keharusan-Kok
health.detik.com/read/2013/03/25/131012/2202818/768/anak-tak-mau-makan-nasi-tapi-suka-ngemil-bagaimana-mengatasinya
health.liputan6.com/read/540451/tak-suka-nasi-jangan-paksa-anak-makan-nasi
blueband.co.id/resep/omelet-cerah-ceria

Diakses pada : 15 Juli 2016

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Kreatif Mengolah Telur untuk Sarapan

Kreatif Mengolah Telur untuk Sarapan

Kreasi telur yang monoton akan membuat anda bosan. Tapi dengan sedikit sentuhan kreativitas, kreasi telur menjadi lebih istimewa dan selalu dinanti di rumah.
Kue Nastar Tak Harus Selalu Bundar

Kue Nastar Tak Harus Selalu Bundar

Aneka ide mengenai bentuk dan perpaduan resep kue nastar berikut ini tentu bisa memberi inspirasi baru bagi Ibu untuk membuat kue nastar jadi lebih spesial.
Perayaan Natal Tidak Lagi Membuat Ibu Repot

Perayaan Natal Tidak Lagi Membuat Ibu Repot

Ibu tidak perlu khawatir dengan persiapan memasak untuk perayaan Natal. Semua persiapan akan berjalan dengan lancar bila Ibu mengikuti beberapa tips berikut ini.
Cara Menggoreng Tempe Dan Varian Resep Tempe Yang Praktis Dan Istimewa

Cara Menggoreng Tempe Dan Varian Resep Tempe Yang Praktis Dan Istimewa

Jika Anda sudah memahami cara menggoreng tempe yang benar, berarti Anda siap untuk membuat aneka kreasi tempe goreng yang unik, praktis dan istimewa.
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset