Karakteristik Bahan-bahan Kue Tradisional

Karakteristik Bahan-bahan Kue Tradisional
Apa saja bahan yang seringkali digunakan dalam pembuatan kue tradisional? Yuk, kenalan dulu dengan bahan-bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kue tradisional.
Yuk, kenalan dulu dengan bahan-bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kue tradisional.


Tepung
Banyak sekali jenis tepung yang digunakan pada aneka resep kue tradisional. Beberapa di antaranya adalah tepung terigu, tepung sagu, tepung beras dan tepung ketan. Masing-masing tepung memiliki karakteristik yang berbeda dan penggunaannya harus disesuaikan dengan jenis kue. Misalnya, tepung sagu dan tepung kanji menghasilkan tekstur kenyal sehingga cocok digunakan untuk membuat kue lapis beras, kue pepe atau kue talam. Sedangkan tepung terigu biasa digunakan untuk bolu, roti, dan kue.


Pelembut kue
Pelembut kue yang sering digunakan pada kue tradisional yaitu margarin, mentega, dan minyak sayur. Penggunaan Blue Band Margarin dengan takaran yang tepat akan membuat kue tradisional Ibu menjadi semakin lembut dan lezat. Tak hanya itu saja,Blue Band Margarin juga mengandung vitamin A, B1, B2, B3, D dan E yang baik untuk bantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian seluruh anggota keluarga.


Umbi-umbian
Beberapa jenis umbi-umbian seperti ubi, singkong, kentang, dan talas juga sering ditambahkan pada adonan kue tradisional untuk memperkaya tekstur dan rasa kue tersebut. Gunakan umbi dengan tingkat kematangan yang pas, karena umbi yang terlalu tua mengandung banyak serat sementara umbi yang masih muda akan membuat adonan kue jadi kurang legit karena cita rasanya masih belum pekat.


Santan
Penambahan santan biasanya akan membuat kue tradisional terasa lebih gurih dan bertekstur lembut. Gunakan kelapa yang sudah tua untuk mendapatkan santan yang berkualitas. Peras kelapa menggunakan air hangat agar Ibu mendapatkan santan dalam jumlah yang lebih banyak. Pisahkan juga santan kental dan encernya. Untuk kue, biasanya santan encer yang digunakan.


Membaca informasi mengenai kue tradisional kali ini tentu akan membuat wawasan Ibu seputar dunia kuliner semakin bertambah. Yuk, mulai memperkenalkan budaya tanah air pada seluruh anggota keluarga melalui kreasi aneka kue tradisional lezat ala Ibu.


Sources:
Wibowo, R.A & Noorkhairani. 2013. Koleksi Resep Jajan Pasar. Jakarta: PT Kawah Media.
Fatimah, S. 2011. Kue Tradisional Anti Gagal. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. goo.gl/dBIXX7.
blueband.co.id/produk/.
Diakses pada: 10 September 2014.

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Tips Dasar Membuat Kue Kering untuk Pemula

Tips Dasar Membuat Kue Kering untuk Pemula

Cara membuat kue kering sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Sebagai pemula, Anda bisa mencoba ketiga resep kue praktis ini untuk menambah pengalaman.
Tips Mengukus Kue dengan Benar

Tips Mengukus Kue dengan Benar

Supaya bisa menghasilkan cita rasa dan tekstur kue yang istimewa pada kue kukus, simak tips mengukus kue dengan benar berikut ini.
Manfaat Kurma dalam Resep Kue Kering

Manfaat Kurma dalam Resep Kue Kering

Selain bisa memberikan rasa dan aroma yang khas, menambahkan buah kurma dalam resep cookies juga membuat kue renyah ini menjadi kian bergizi lho, Bu. Inilah manfaat yang terdapat dalam buah kurma.
Agar Tampilan Bolu Gulung Lebih Cantik dan Sempurna

Agar Tampilan Bolu Gulung Lebih Cantik dan Sempurna

Sajian makanan yang lezat dan cantik seringkali menghiasi meja makan saat acara keluarga. Selain aneka masakan, Ibu pasti sibuk mencari informasi mengenai resep kuesupaya Ibu juga bisa menyuguhkan berbagai kue yang nikmat sebagai kudapan saat berkumpul bersama keluarga. Resep kue yang bisa Ibu praktikkan tak melulu harus kue kering lho, Bu. Sesekali menyajikan aneka bolu gulung pasti akan membuat anggota keluarga dan para tamu menjadi tergiur untuk mencicipinya.
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset