Ingin Hidup Sehat? Inilah Panduan Pola Makannya!

Ingin Hidup Sehat? Inilah Panduan Pola Makannya!
Ingin menjalankan pola hidup sehat? Mari mulai berkreasi dengan resep makanan sehat dan ikuti beberapa tips simpel dari Blue Band berikut ini.

Sebagai pengganti fast food, Ibu dapat mengkreasikan resep masakan sehat nan lezat di rumah. Selain lebih hemat dan higienis, resep masakan sehat buatan sendiri juga dapat disesuaikan dengan selera seluruh anggota keluarga.


Bagaimana ya cara memulai kreasi resep masakan sehat? Ikuti saja tips-tips simpel dari Blue Band berikut ini!


Sediakan Selalu Buah dan Sayuran Hijau


Buah dan sayuran hijau merupakan salah satu sumber serat alami yang baik untuk tubuh. Sayuran hijau seperti bayam, sawi, kangkung dan brokoli memiliki kandungan vitamin dan kalsium yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sementara buah-buahan memiliki kandungan serat dan gula alami yang cocok dijadikan sumber energi dan bisa mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan manis secara berlebihan.


Stok Margarin Jangan Sampai Habis


Menggunakan margarin dalam masakan adalah pilihan Ibu rumah tangga yang cerdas. Daripada Ibu membelikan fried chicken sebagai menu makan malam, lebih baik Ibu menggunakan margarin untuk menumis sayuran atau nasi goreng yang lezat. Kandungan vitamin A, D, E, B1, B2, dan B3 dalam margarin menjadi sumber zat gizi yang penting bagi seluruh anggota keluarga. Selain itu, margarin juga merupakan sumber energi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (lemak nabati). Lemak nabati adalah salah satu sumber lemak non-trans fat yang tidak berbahaya bagi jantung lho, Bu.


Kurangi Konsumsi Hidangan Penutup


Hidangan penutup bercita rasa manis seperti cakepudding vla, atau es campur memang terdengar menggiurkan sekali, ya. Namun, Ibu harus lebih cermat dalam membatasi konsumsi hidangan penutup bagi keluarga. Sebagai hidangan penutup, sajikan saja salad buah-buah segar yang bervariasi setiap hari.


Konsumsi Ikan yang Bergizi


Daripada selalu menyajikan daging ayam atau daging sapi yang penuh dengan lemak, sebaiknya Ibu lebih sering menyajikan ikan dan beberapa jenis hidangan laut lainnya. Ikan memiliki kandungan Omega 3 dan 6 serta kalsium yang sangat tinggi. Agar manfaat ikan semakin maksimal, jangan lupa memilih ikan yang masih segar dengan ciri-ciri mata yang jernih dan insang yang masih berwarna merah segar.


Nah, ternyata mudah sekali kan menjalankan pola hidup sehat?


Tak harus pergi ke pusat kebugaran atau berkonsultasi dengan ahli gizi. Memulai pola hidup sehat dapat dilakukan dengan mengkreasikan aneka resep masakan sehat di rumah. Jangan takut untuk bereksperimen dengan aneka resep baru ya, Bu.


Sources:
helpguide.org/life/healthy_eating_diet.htm, diakses pada 28 Juli 2014.
F.C., Semy. 2002. Tips Diet Ampuh. Majalah Sedap. Edisi 9/III/2002.

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Kacang Tanah Kaya Omega 3 untuk Dukung Pertumbuhan Anak

Kacang Tanah Kaya Omega 3 untuk Dukung Pertumbuhan Anak

Selain untuk daya tahan tubuh, kacang tanah juga bisa membantu mendukung tumbuh kembang anak. Mulai sekarang Ibu pasti tidak ragu lagi berkreasi dengan kacang tanah.
Tips Memasak dengan Minyak Zaitun

Tips Memasak dengan Minyak Zaitun

Menggunakan minyak zaitun untuk memasak tidak bisa sembarangan, untuk itu simak tips memasak dengan minyak zaitun berikut ini.
8 Resep Menu Masakan Sederhana Hari Ini

8 Resep Menu Masakan Sederhana Hari Ini

Bingung menentukan menu masakan hari ini? Anda bisa membuat aneka menu masakan sederhana jadi lebih istimewa dengan margarin Blue Band Serbaguna.
Makan Apa Hari Ini Sudahkah Nutrisi Keluarga Anda Terpenuhi

Makan Apa Hari Ini Sudahkah Nutrisi Keluarga Anda Terpenuhi

Sudah makan apa Anda hari ini Apakah nutrisi Anda dan keluarga sudah terpenuhi dengan menu makanan yang disajikan
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset