Fakta Unik Tentang Si Bundar Dorayaki

Fakta Unik Tentang Si Bundar Dorayaki
Dorayaki merupakan resep pancake populer dari Jepang. Seperti apa ya kira-kira fakta unik tentang cemilan bundar yang satu ini?
Membahas tentang makanan Jepang rasanya kurang lengkap kalau tidak menyebut tentang dorayaki. Cemilan yang satu ini memang populer karena selalu hadir di salah satu kartun TV asal Jepang. Tidak hanya menggugah selera, dorayaki kini juga semakin terkenal dan digemari masyarakat di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Membuat dorayaki ternyata tidak sulit lho, Bu! Karena bahan dasar dan cara pembuatan dorayaki hampir sama dengan resep pancake. Ibu bahkan bisa mencoba resep Dorayaki Duo Cokelat Ala Blue Band untuk camilan si kecil di rumah. Penasaran dengan si bundar yang satu ini? Yuk, simak dulu beberapa fakta unik seputar dorayaki dari Jepang.

Bahan Isian Dorayaki yang Pertama
Saat pertama kali diperkenalkan, dorayaki hanya menggunakan isian kacang merah yang dikenal dengan sebutan azuki. Isian klasik ini masih digemarihingga saat ini. Namun, variasi isian dorayaki sudah semakin beragam, mulai dari keju, cokelat, krim green tea, kopi, dan variasi rasa lainnya.

Kapan Dorayaki Pertama Kali Dijual?
Dorayaki pertama kali dijual pada tahun 1913. Sebuah toko bernama Usagiya yang berada di kawasan Ueno, Tokyo, adalah toko pertama yang memperkenalkan dorayaki pada masyarakat Jepang. Hingga saat ini Usagiya masih beroperasi dan menyajikan resep dorayaki yang sama dengan resep pertama sejak lebih dari 100 tahun yang lalu. Karena begitu diminati masyarakat Jepang dan wisatawan, toko ini biasanya sudah kehabisan persediaan dorayaki pada jam 4 sore.

Tujuh Bahan Dasar Dorayaki
Ibu hanya membutuhkan 7 bahan dasar saja untuk membuat dorayaki. Bahan tersebut adalah tepung terigu protein serbaguna, telur, gula pasir, tepung sagu, baking powder, susu, dan margarin Blue Band Cake and Cookie. Sementara untuk variasi warna dan rasa, Ibu juga bisa menambahkan pasta cokelat atau jenis pewarna makanan lainnya.

Membuat Dorayaki Tak Butuh Cetakan
Bentuk bundar dorayaki ternyata tidak diperoleh dari cetakan khusus. Jika Ibu ingin membuatnya di rumah, Ibu hanya perlu menggunakan centong berukuran agak besar untuk menakar adonan dorayaki. Tuangkan adonan tersebut pada wajan datar yang sudah dipanaskan untuk mendapatkan bentuk dorayaki yang seragam.

Variasi Dorayaki Modern
Di berbagai minimarket Jepang, dorayaki juga divariasikan dengan es krim sebagai bahan isian. Mirip dengan sandwich, dua potong dorayaki diisi dengan es krim aneka rasa dan disajikan dalam keadaan dingin.

Fakta seputar si bundar dorayaki ternyata sangat menarik ya, Bu. Setelah Ibu mendapatkan informasi baru seputar dorayaki, kini waktunya untuk membuat dorayaki sendiri di rumah. Kreasi dorayaki istimewa ala Ibu pasti membuat si kecil tergiur untuk mencicipinya.


Sumber:
blueband.co.id/resep/dorayaki-duo
food.detik.com/read/2015/01/26/095313/2813604/297/yuk-bikin-dorayaki-keju-untuk-camilan-si-kecil
spinjapan.net/facts-about-dorayaki-that-make-you-want-to-try/


Diakses pada : 12 Maret 2016

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Menu Sarapan Pagi Bergizi untuk Menunda Penuaan Dini

Menu Sarapan Pagi Bergizi untuk Menunda Penuaan Dini

Untuk meminimalkan risiko penuaan dini, Ibu tetap harus memperhatikan kandungan gizi pada menu sarapan pagi setiap hari dengan memilih beberapa bahan makanan berikut ini.
Tips Memilih Margarin yang Berkualitas

Tips Memilih Margarin yang Berkualitas

Agar manfaat margarin dapat Ibu suguhkan untuk seluruh anggota keluarga, Blueband akan berbagi tips memilih margarin yang berkualitas.
Yuk, Mengolah Tauge Jadi Sarapan Pagi!

Yuk, Mengolah Tauge Jadi Sarapan Pagi!

Bahan lain yang tidak kalah praktis dan lezat bergizi, misalnya tauge. Ibu sudah tahu belum manfaat tauge sebagai sarapan pagi? Jika belum, sebaiknya simak info berikut ini.
Kandungan Gizi Dalam Kembang Kol

Kandungan Gizi Dalam Kembang Kol

Selain kandungan omega 3, ternyata kembang kol juga punya sejumlah manfaat nutrisi lainnya lho, Bu. Simak kandungan gizi dalam kembang kol berikut ini.
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset