Dessert Nikmat dengan Choco Eclair

Dessert Nikmat dengan Choco Eclair
Mengolah aneka kue yang lezat tentu sangat mengasyikkan. Jika ini hobi Anda, mungkin Anda bisa mencoba beberapa resep kue modern tanpa oven berikut ini.

Menikmati hidangan utama yang lezat pada saat makan malam memang sangat menyenangkan. Setelah merasakan nikmatnya berbagai hidangan tersebut, tentu semua akan lebih lengkap jika Anda menutup makan malam dengan menyantap camilan atau makanan penutup yang manis. Makanan penutup atau juga sering disebut dessert adalah hidangan yang disajikan setelah Anda menyantap hidangan utama pada waktu makan malam.

Fungsinya yaitu untuk menghilangkan rasa yang kuat dari hidangan sebelumnya dan menutup rangkaian acara makan malam. Jika Anda tertarik untuk membuat dessert sendiri, coba saja mengolah resep kue modern tanpa oven. Salah satunya adalah membuat Choco Eclair yang nikmat.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang resep tersebut, Anda mungkin perlu tahu apakah Choco Eclair itu. Nama kue ini mungkin terdengar sedikit asing untuk sebagian orang, namun sebenarnya kue yang satu ini sudah cukup sering dijadikan makanan penutup di Indonesia. Bentuknya mirip seperti kue sus, namun lebih panjang dan isinya lebih lembut. Camilan nikmat ini namanya berasal dari bahasa Prancis “éclair” yang artinya “kilatan petir”. Ini biasanya untuk menggambarkan bahwa kue ini dapat dimakan dalam waktu yang singkat.

Pada saat Anda membuatnya, jangan lupa untuk menyertakan Blue Band di dalamnya. Selain membuat rasa kue semakin nikmat, Blue Band akan menambah nilai gizi kue Choco Eclair ini dengan kandungan nutrisi penting di dalamnya seperti omega 3 dan 6, lemak sehat yang berasal dari minyak Canola, serta 6 vitamin (A, B1, B2, B3, D, E). Berikut ini Anda bisa lihat penjelasan cara membuat kue tersebut sebagai makanan penutup.


Resep Choco Eclair yang Nikmat

Bahan-Bahan :

  • 100 gram margarin Blue Band Serbaguna
  • 175 ml air matang
  • 1/2 sendok teh garam
  • 125 gram tepung terigu (protein sedang)
  • 4 butir telur ayam, kocok lepas

Bahan Isi Kue Éclair :

  • 450 ml susu cair
  • 200 gram gula pasir haluskan
  • 1/2 sendok teh garam cukup dengan
  • 60 gram tepung maizena, larutkan dalam 75 ml air
  • 1 butir kuning telur, dikocok lepas
  • 1/4 sendok teh pasta cokelat
  • 1 sendok teh margarin Blue Band Serbaguna

Bahan-Bahan Pencelup (Olesan Eclair) :

  • 50 gram cokelat masak pekat, dilelehkan
  • 25 gram cokelat masak putih, dilelehkan

Cara Membuat :

  1. 1. Siapkan semua bahan untuk membuat Choco Eclair. Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat adonannya. Caranya, rebus air secukupnya. Setelah mendidih, masukkan margarin serta garam kedalamnya dan aduk perlahan.. Rebus bahan-bahan tersebut hingga tercampur secara sempurna. Matikan api, kemudian angkat panci sebentar.
  2. 2. Selanjutnya, masukkan tepung terigu ke dalam campuran bahan tadi sedikit demi sedikit. Lalu, nyalakan api kembali, taruh panci di atasnya dan aduk adonan tersebut sampai tercampur rata dan menjadi kalis. Setelah adonan jadi, angkat panci. Biarkan adonan dingin, baru sesudahnya tambahkan telur ayam. Kocok hingga tercampur rata. Masukkan telur ketika adonan benar sudah dingin, untuk membuat éclair mengembang dengan baik.
  3. 3. Siapkan sebuah loyang. Olesi dengan margarin tipis (supaya tidak lengket). Bentuklah adonan memanjang di atas loyang tersebut dengan panjang 4 – 5 cm sesuai dengan selera Anda. Sebaiknya, adonan kue satu dan yang lain diberi jarak agar nantinya tidak menempel.
  4. 4. Nyalakan oven atau pemanggang dengan suhu 200 derajat, kemudian masukan loyang yang telah diisi adonan tersebut ke dalamnya. Tunggu selama kurang lebih selama 15 menit. Apabila kue éclair terlihat sudah matang, ambil loyang dan sisihkan sebentar.
  5. 5. Langkah selanjutnya, Anda harus membuat isi dari kue eclair tersebut. Caranya, campur bahan-bahan seperti gula pasir, susu cair dan garam dalam satu wadah. Aduk semua bahan hingga tercampur merata. Tambahkan maizena dan aduk hingga adonan menjadi kental. Kemudian masak adonan tersebut di atas api kecil hingga terlihat meletup-letup. Jika sudah matang, angkat adonan dan dinginkan.
  6. 6. Sebagai langkah penutup, belah dua kue eclair yang sudah jadi tadi., kemudian masukkan isian di tengahnya dan tumpuk jadi satu. Sedangkan untuk bagian atasnya, Anda bisa olesi dengan cokelat cair dan tunggu sampai coklat menempel dengans empurna, Choco Ecclair nan lezat pun siap untuk disajikan.

Setelah membaca rangkai cara pembuatan kue Choco Eclair di atas, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Coba saja resep tersebut untuk dijadikan hidangan penutup setelah makan malam. Dessert lezat ini pun akan menyempurnakan makan malam Anda.


Sumber:
lifestyle.kompas.com/read/2013/08/05/1153501/Choco.Eclairs
bacaterus.com/resep-eclair-coklat-yang-enak/
foodnetwork.com/recipes/chocolate-eclairs-recipe-1937901
tasteofhome.com/recipes/chocolate-eclairs/
Diakses pada: 23 Oktober 2018

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Jenis Sayuran Ini Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Jenis Sayuran Ini Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Jenis sayuran apa saja yang baik untuk kesehatan kulit? Kali ini Blueband akan berbagi tips seputar jenis sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.
5 Kue Nikmat Yang Bisa Dibuat Dengan Mudah Tanpa Oven

5 Kue Nikmat Yang Bisa Dibuat Dengan Mudah Tanpa Oven

Jika sudah mempelajari tips mudah membuat kue tanpa oven, kini saatnya Anda memilih dan mencoba membuat aneka resep kue nikmat tanpa oven berikut ini.
Mengenal Resep Kue Bangkit yang Praktis dan Sedap

Mengenal Resep Kue Bangkit yang Praktis dan Sedap

Jika Anda ingin membuat kue tradisional yang istimewa dan praktis, varian resep kue bangkit bisa menjadi pilihan yang tepat.
Asyiknya Membuat Variasi <em>Eclair</em> Isi Buah Segar

Asyiknya Membuat Variasi Eclair Isi Buah Segar

Membuat éclair tidak sulit lho, Bu. Bahkan éclair sangat cocok untuk dijadikan variasi kue lebaran untuk menemani resep kue kering favorit di rumah pada tahun ini.
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset