Cara Tepat Menentukan Porsi Makan Anak

Cara Tepat Menentukan Porsi Makan Anak
Selain menyiapkan menu harian kaya gizi, Anda pun wajib mengetahui porsi makan yang tepat bagi si kecil.

Pernahkah Anda bingung menentukan porsi makan anak? Urusan porsi makan memang sering menjadi perdebatan di kalangan orang tua, karena para orang tua khawatir porsi makan buah hatinya terlalu sedikit dan tidak memenuhi kebutuhan gizi harian. Anda tentu tidak mau kan anak Anda mengalami stunting akibat kurang gizi. Selain menyiapkan menu harian kaya gizi, Anda pun wajib mengetahui porsi makan yang tepat bagi si kecil. Sebelum menentukan kreasi menu harian yang akan Anda buat, sebaiknya Anda mengenal takaran kalori harian yang dibutuhkan anak.


Takaran Kebutuhan Gizi Anak Berdasarkan Usia

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2013, takaran kebutuhan gizi anak berdasarkan usianya adalah sebagai berikut:

  • Anak usia 2-3 tahun butuh 1.125 kilo kalori per hari. Pada usia ini, kebutuhan kalori anak dibagi menjadi 3 kali makan besar @300 kilo kalori dan 2 kali camilan @100 kalori.
  • Anak usia 4-6 tahun butuh 1.600 kilo kalori per hari. Pada usia ini, kebutuhan kalori anak dibagi menjadi 3 kali makan besar @430 kalori dan 2 kali camilan @150 kalori.

Variasi Sumber Karbohidrat untuk Anak

Anak-anak usia 4 hingga 6 tahun membutuhkan takaran karbohidrat sebesar kepalan tangannya setiap kali makan. Ada empat takaran karbohidrat yang harus dikonsumsi dalam sehari, 3 takaran untuk waktu makan utama dan 1 takaran untuk camilan. Menyajikan nasi terus-menerus akan membuat si kecil bosan dan malas makan. Jadi, alangkah lebih baik bila Anda menyiapkan variasi sumber karbohidrat lainnya seperti umbi-umbian, pasta, atau roti gandum sebagai alternatif. Sehingga menu harian buatan Anda semakin menggugah selera.


Takaran Sayuran dan Buah-Buahan

Sayuran dan buah-buahan juga dibutuhkan oleh anak usia 4 hingga 6 tahun. Anak-anak membutuhkan dua porsi sayuran dan dua porsi buah-buahan setiap hari. Satu porsi sayuran atau buah-buahan setara dengan sajian pada setengah mangkuk berukuran sedang. Konsumsi sayuran dan buah-buahan akan membantu memenuhi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral untuk buah hati Anda. Pilihlah jenis sayuran dan buah-buahan yang berbeda setiap hari supaya si kecil tidak mudah bosan.


Porsi Lauk yang Mengandung Protein Hewani

Lauk yang mengandung sumber protein hewani juga penting bagi buah hati Anda. Karena protein hewani dapat membantu regenerasi sel-sel tubuh, mendukung pertumbuhan otot, dan menstabilkan fungsi organ tubuh. Variasi sumber protein hewani bisa berupa ikan, daging unggas, atau daging hewan ternak berkaki empat (sapi, kambing, dan domba). Anak-anak usia 4 hingga 6 tahun butuh 3 porsi protein hewani dalam sehari. Masing-masing porsi setara dengan ukuran satu telapak tangan orang dewasa (tanpa bagian jari).


Anak-Anak Juga Butuh Asupan Lemak

Lemak juga menjadi salah satu asupan gizi yang tidak kalah penting bagi anak. Asalkan jumlahnya tidak berlebihan, asupan lemak akan mendukung kesehatan dan perkembangan anak, karena lemak penting untuk melindungi organ tubuh, menjadi cadangan energi, dan melarutkan vitamin A, D, E, K. Konsumsi lemak jenuh dari hewan memang harus diminimalkan. Sebagai gantinya, Anda bisa mendapatkan asupan lemak tidak jenuh yang sehat dari bahan makanan lainnya seperti avokad dan kacang-kacangan.

Kini, Anda juga bisa memperoleh asupan lemak tidak jenuh dari margarin Blue Band Serbaguna. Tidak hanya mengandung vitamin, omega 3, dan omega 6, kandungan lemak tidak jenuh dalam margarin Blue Band Serbaguna juga sangat penting bagi si kecil. Lemak tidak jenuh merupakan pelindung sel-sel tubuh yang membantu memperkuat daya tahan tubuh anak. Jadi, Anda memang tidak perlu ragu menggunakan margarin Blue Band Serbaguna untuk menyempurnakan kreasi menu harian buatan Anda.

Jangan lupa bahwa takaran porsi makan utama dan camilan untuk anak harus seimbang. Camilan yang kaya kandungan karbohidrat dan lemak biasanya membuat anak lebih cepat kenyang. Jadi, Anda harus menyiasatinya dengan cara mengurangi porsi karbohidrat dan lemak pada menu harian. Ketelitian Anda dalam menentukan porsi makan anak akan membuat si kecil terhindar dari risiko kurang gizi atau obesitas. Buah hati Anda pun akan selalu sehat dan bersemangat menjalani aktivitas kalau kebutuhan gizi hariannya tercukupi.


Sumber:
parenting.co.id/usia-sekolah/cara-mudah-menentukan-porsi-makan-anak
mommiesdaily.com/2015/11/17/porsi-makan-yang-tepat-untuk-si-2-6-tahun/
hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/porsi-makan-bayi/
nakita.grid.id/read/022467/ini-porsi-makan-anak-sesuai-usia?page=all
motherandbaby.co.id/article/2016/10/19/6363/Hitung-Porsi-Makan-Anak-dengan-Metode-Piring-Sehat
sahabatnestle.co.id/content/kesehatan/kesehatan-anak/memahami-porsi-makan-sesuai-usia.html

Diakses pada: 23 Oktober 2018

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Bunda, Siapkan Perayaan Spesial untuk Ultah Si Kecil, Yuk!

Bunda, Siapkan Perayaan Spesial untuk Ultah Si Kecil, Yuk!

Ulang tahun tentu menjadi momen spesial bagi semua orang, tidak terkecuali bagi buah hati Ibu. Si kecil tentu akan bersemangat menjelang hari ulang tahunnya. Bahkan mungkin dia akan mengajukan permintaan untuk merayakannya bersama teman-teman.
Mengenal Aneka Roti Panggang Populer dari Berbagai Negara

Mengenal Aneka Roti Panggang Populer dari Berbagai Negara

Kalau membahas tentang sarapan pagi, pikiran Ibu tentu langsung tertuju pada menu roti panggang. Hidangan yang satu ini memang menjadi salah satu andalan yang tepat di pagi hari.
Resep Nasi Goreng Padang Super Lezat

Resep Nasi Goreng Padang Super Lezat

Kalau nasi goreng biasa mulai terasa membosankan, cobalah berkreasi dengan resep nasi goreng Padang yang cita rasanya istimewa dan mudah dibuat.
Tips Memasak dengan Minyak Zaitun

Tips Memasak dengan Minyak Zaitun

Mendukung tumbuh kembang anak setiap hari adalah impian sekaligus kewajiban bagi setiap Ibu di dunia. Bahagia tidak terkira jika buah hati Ibu semakin aktif, cerdas, dan tumbuh menjadi pribadi yang baik. Demi mendukung tumbuh kembang anak, Ibu pasti rajin menyiapkan hidangan bernutrisi yang kaya omega 3, bukan?
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset