Cara Menggoreng Ayam Yang Tepat Agar Renyah Dan Legit

Cara Menggoreng Ayam Yang Tepat Agar Renyah Dan Legit
Jika Anda sudah memahami cara menggoreng ayam yang benar, Anda tidak akan kesulitan berkreasi dengan aneka resep ayam goreng khas Indonesia.

Ayam goreng merupakan salah satu sajian lauk yang paling populer. Proses pembuatan ayam goreng memang praktis dan rasanya pasti disukai keluarga. Namun, masih banyak orang yang belum memahami cara menggoreng ayam yang benar. Sehingga ayam goreng yang dihasilkan tidak matang sempurna atau permukaannya tidak bertekstur renyah.


6 Cara Menggoreng Ayam Agar Hasilnya Sempurna

Sebenarnya, cara menggoreng ayam tidak sulit kalau Anda sudah menguasai tekniknya. Sebelum mempelajari dan mencoba aneka resep ayam goreng, alangkah lebih baik kalau Anda memahami cara menggoreng ayam dengan benar terlebih dahulu.


1. Jangan Menggoreng Ayam Yang Masih Beku

Ayam yang sudah dimasak dengan bumbu dapat disimpan di freezer agar lebih tahan lama. Sehingga Anda bisa menggoreng ayam tersebut untuk sajian lauk ketika menginginkannya. Namun, jangan sampai Anda menggoreng ayam yang masih beku. Ayam beku dari freezer harus berada pada temperatur ruangan selama beberapa jam agar teksturnya tidak keras. Anda juga dapat menyiasatinya dengan cara memanaskan ayam beku dengan microwave. Sehingga proses penyesuaian temperatur ayam berlangsung lebih cepat. Menggoreng ayam yang masih beku hanya akan membuat bagian dalamnya sulit matang ketika permukaannya sudah kering.


2. Menusuk-Nusuk Ayam Dengan Garpu

Menusuk-nusuk ayam dengan garpu tak cuma bermanfaat untuk membuat bumbu terserap sempurna. Cara tersebut juga akan membantu melunakkan serat-serat daging ayam. Sehingga panas dari minyak mudah diserap oleh daging ayam. Hasilnya, ayam goreng buatan Anda akan matang sempurna bila Anda menusuk-nusuknya terlebih dahulu dengan menggunakan garpu.


3. Selalu Menggunakan Minyak Goreng Baru

Selain mempelajari cara menggoreng ayam, penggunaan minyak yang tepat juga penting untuk memperoleh hasil maksimal. Pastikan bahwa Anda selalu menggunakan minyak goreng baru saat akan menggoreng ayam. Minyak goreng yang baru akan membuat ayam goreng Anda terasa renyah dengan warna kuning keemasan yang sempurna. Anda pun tidak perlu mengkhawatirkan cita rasa ayam yang tercampur dengan aroma makanan lain ketika Anda menggunakan minyak goreng baru.


4. Jumlah Minyak Goreng Harus Banyak

Keberhasilan dalam proses menggoreng ayam juga ditentukan oleh jumlah minyak yang Anda gunakan. Anda harus menggunakan minyak dalam jumlah banyak. Supaya seluruh bagian ayam terendam sempurna di dalam minyak. Dengan demikian, ayam tidak akan matang sebagian dengan bagian tengah masih mentah. Seluruh bagian ayam akan memperoleh panas yang merata saat direndam minyak goreng.


5. Menggoreng Dengan Margarin

Menggoreng ayam juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan margarin, khususnya ketika Anda mengolah sajian ayam dengan potongan-potongan yang kecil atau sedang, yang tidak terlalu membutuhkan proses perendaman pada minyak goreng. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan margarin Blue Band Serbaguna yang akan memberikan sensasi rasa gurih dan aroma harum pada hidangan buatan Anda. Kandungan margarin Blue Band Serbaguna yang diperkaya dengan vitamin A, B1, B2, D, E serta omega 3 dan 6 sangat baik untuk kebutuhan gizi harian tubuh Anda. Tidak cuma lezat, aneka masakan akan semakin bergizi bila Anda menggunakan margarin Blue Band Serbaguna sebagai bahan dasarnya.


6. Pastikan Bahwa Api Kompor Selalu Kecil

Sebaiknya Anda tidak menggoreng ayam dengan api besar. Karena api yang terlalu besar akan membuat ayam goreng mudah hangus saat bagian tengahnya masih mentah. Mulailah dengan memanaskan minyak goreng menggunakan api kecil. Jika minyak sudah cukup panas, barulah Anda bisa memasukkan ayam yang akan digoreng. Cara menggoreng ayam yang sederhana ini sangat mempengaruhi tampilan, cita rasa, dan aroma ayam goreng buatan Anda.


4 Aneka Resep Ayam Goreng Khas Indonesia

Jangan membayangkan resep ayam goreng yang membosankan bila Anda berencana membuatnya sendiri. Karena banyak resep ayam goreng khas tanah air yang cita rasanya unik dan variatif. Setelah menyimak ulasan resep-resep berikut ini, Anda pasti tergugah membuat aneka kreasi ayam goreng yang sedap.


1. Ayam Goreng Kalasan

Ayam goreng kalasan sangat khas dibandingkan jenis ayam goreng lain karena menggunakan air kelapa sebagai bahan dasar. Air kelapa tak hanya membuat ayam goreng jadi lebih legit dan gurih. Merebus ayam dengan air kelapa juga efektif membuat tekstur ayam goreng lebih lembut. Bumbu halus yang digunakan untuk ayam goreng kalasan sangat sederhana, yaitu campuran bawang putih dan kemiri. Ayam yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong harus direbus bersama air kelapa, daun salam, dan bumbu halus tersebut selama satu jam. Selanjutnya, ayam yang sudah matang dan empuk bisa segera digoreng agar permukaannya renyah. Ayam goreng kalasan bisa disajikan dengan sambal tomat dan lalapan sebagai pelengkap.


2. Ayam Goreng Serundeng

Para pecinta serundeng pasti menyukai olahan ayam yang satu ini. Ayam goreng serundeng memiliki resep yang mirip dengan ayam goreng biasa. Namun, bahan utamanya harus terdiri dari kelapa parut agar bisa menghasilkan serundeng. Ayam goreng serundeng membutuhkan bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih, ketumbar, gula merah, garam, dan air asam.

Selanjutnya, bumbu halus yang sudah ditumis sampai matang dan potongan ayam harus direbus bersama dengan daun salam dan lengkuas yang sudah dimemarkan. Ayam yang sudah direbus akan mengering disertai kelapa yang sudah bercampur dengan bumbu. Ketika digoreng bersama ayam, kelapa tersebut akan menghasilkan serundeng yang gurih dan renyah.


3. Ayam Goreng Mentega

Siapa sih yang tidak tergoda dengan kelezatan seporsi ayam goreng mentega yang gurih. Proses pembuatan ayam goreng mentega sangat cepat dan praktis. Potongan ayam yang sudah dilumuri air jeruk nipis dan garam selama 30 menit harus digoreng hingga matang. Kemudian, panaskan margarin Blue Band Serbaguna untuk menumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.

Selanjutnya, Anda tinggal mencampurkan tumisan bawang dengan potongan ayam yang sudah digoreng, kecap manis, saus tiram, kecap inggris, garam, dan merica. Tambahkan sedikit kaldu ayam dan masaklah sebentar hingga air kaldu tersebut menyusut. Ayam goreng mentega yang sudah matang siap disajikan selagi hangat.

Selain cocok untuk bahan dasar ayam goreng mentega, margarin Blue Band Serbaguna juga dapat digunakan untuk aneka masakan lainnya, karena margarin Blue Band Serbaguna akan memberikan sensasi rasa gurih dan aroma harum pada hidangan buatan Anda. Kandungan margarin Blue Band Serbaguna yang diperkaya dengan vitamin A, B1, B2, D, E serta omega 3 dan 6 sangat baik untuk kebutuhan gizi harian tubuh Anda. Tidak cuma lezat, aneka masakan akan semakin bergizi bila Anda menggunakan margarin Blue Band Serbaguna sebagai bahan dasarnya, karena hanya Blue Band Serbaguna yang memiliki kandungan Omega 3 & 6 serta terbuat dari Canola Oil.


4. Ayam Goreng Bumbu Bacem

Resep ayam goreng bercita rasa manis ini berasal dari Jawa Tengah. Bumbu halus ayam goreng bacem terdiri dari bawang merah, bawang putih, gula merah, dan asam jawa. Selanjutnya, bumbu yang sudah dihaluskan tersebut harus direbus bersama potongan ayam, air kelapa, daun salam, lengkuas dan serai yang sudah dimemarkan, dan garam. Sedangkan cara menggoreng ayam bumbu bacem sama dengan ayam goreng lainnya. Jika ayam sudah selesai direbus, Anda bisa segera menggoreng ayam hingga renyah dan berwarna kuning keemasan.

Banyak sekali resep ayam goreng yang menarik untuk dicoba. Anda juga bisa memadukannya dengan beragam jenis sambal untuk mendapatkan sensasi rasa istimewa. Sajian ayam goreng lezat di rumah pasti tak akan membuat keluarga Anda mudah bosan. Seisi rumah akan menantikan kreasi ayam goreng terbaru buatan Anda. Suasana makan di rumah akan semakin menyenangkan bila menunya selalu disukai keluarga.


Sumber:
vemale.com/tips-dapur/110497-4-langkah-mudah-goreng-ayam-agar-matang-sempurna-dan-tak-berdarah.html
resepkoki.id/2017/08/21/4-tips-membuat-ayam-goreng-yang-bumbunya-meresap-dengan-sempurna/
food.detik.com/info-kuliner/d-3577206/ini-7-trik-menggoreng-ayam-yang-sehat-dari-ahli-gizi
orami.co.id/magazine/ini-cara-memasak-ayam-goreng-agar-matang-merata/
lifestyle.sindonews.com/read/1015299/185/tips-sempurna-membuat-ayam-goreng-1434939011
vemale.com/resep-makanan/109151-tips-cara-membuat-ayam-goreng-mentega-super-praktis-enak-abis.html

Diakses pada: 12 Juli 2018

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Cara Membuat Kue Ulang Tahun Sederhana Tanpa Oven

Cara Membuat Kue Ulang Tahun Sederhana Tanpa Oven

Anda ingin membuat kue ulang tahun tapi terkendala karena tidak memiliki oven? Yuk ikuti cara membuat kue ulang tahun sederhana tanpa oven yang praktis berikut ini!
Yuk, Buat Kreasi Topping untuk Kue Kering!

Yuk, Buat Kreasi Topping untuk Kue Kering!

Resep kue kering favorit Ibu bisa menjadi lebih istimewa rasa dan tampilannya bila menggunakan bahan topping yang beraneka ragam.
Teknik Cara Memasak Jamur Shitake | Blue Band Indonesia

Teknik Cara Memasak Jamur Shitake | Blue Band Indonesia

Jika Ibu belum pernah memasak jamur shitake sebelumnya. Sekarang Ibu bisa mempelajari cara memasak jamur shitake. Simak info selengkapnya disini.
Hindari Kesalahan Ini Saat Membuat Nasi Goreng

Hindari Kesalahan Ini Saat Membuat Nasi Goreng

Agar tak keliru lagi saat membuat nasi goreng, pelajari dulu beberapa kesalahan saat membuat nasi goreng dan carilah solusi dari kesalahan tersebut.
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset