Cara Membuat Puff Pastry yang Praktis dan Tepat

Cara Membuat Puff Pastry yang Praktis dan Tepat
Setelah mempelajari bahan-bahan dan cara membuat puff pastry, Anda tidak akan kesulitan membuat aneka camilan lezat berbahan dasar puff pastry.
Siapa sih yang tidak tergiur dengan kelezatan pastry. Cita rasa kue gurih dengan tekstur berlapis-lapis tersebut memang selalu menggugah selera. Salah satu jenis pastry yang paling banyak digunakan adalah puff pastry. Cara membuat puff pastry ternyata tidak sulit dan bisa dicoba sendiri di rumah. Sebelum mempelajari cara membuat puff pastry, sebaiknya Anda mengenal aneka jenis pastry terlebih dahulu. Bila wawasan Anda tentang pastry semakin bertambah, Anda pasti tertarik membuat aneka kreasi pastry bercita rasa istimewa.

Mengenal Jenis-jenis Pastry

Ada sembilan jenis pastry yang diklasifikasikan berdasarkan tekstur dan bahan pembuatannya, yaitu:

● Puff Pastry
Jenis pastry yang satu ini bertekstur rapuh dan mudah patah, karena elemen utama berupa lemak dan udara yang mendominasi adonannya. Cara membuat puff pastry cukup mudah. Adonan puff pastry yang tepat akan menghasilkan cita rasa pastry yang gurih, ringan, dan sangat renyah.

● Flaky Pastry
Flaky pastry harus dibuat dalam kondisi temperatur rendah. Supaya bagian lemaknya tidak mudah meleleh dan dapat menyatu sempurna dengan bahan-bahan lainnya. Biasanya flaky pastry digunakan untuk remah-remah pai yang bertekstur gurih, karena teksturnya dianggap pas untuk menyempurnakan pai.

● Rough Puff Pastry
Tekstur pastry yang satu ini merupakan perpaduan flaky dan puff pastry. Biasanya orang memanfaatkan rough puff pastry untuk membuat sausage roll, tart, dan crust pai.

● Choux Pastry
Bahan dasar choux pastry adalah tepung terigu, air, mentega, dan telur. Proses pembuatan adonan dengan cara dimasak menghasilkan uap air. Selanjutnya, uap air tersebut mengubah tekstur adonan menjadi ringan. Dua jenis choux pastry yang paling populer adalah sus dan éclair.

● Shortcut Pastry
Shortcut pastry paling sering digunakan untuk membuat berbagai variasi makanan seperti pai gurih, pai manis, dan tart. Teksturnya cukup tebal dan tidak mudah patah. Proses pembuatannya dapat dilakukan dengan tangan maupun mesin food processor.

● Filo Pastry
Jika dibandingkan dengan jenis pastry lainnya, filo pastry mengandung kadar gula yang tinggi dan teksturnya sangat tipis. Filo pastry kerap digunakan untuk membungkus adonan kue, sehingga tekstur permukaan kue tersebut menjadi tipis dan terasa manis. Filo pastry siap pakai harus diolesi dengan mentega cair agar teksturnya tidak mudah pecah.

● Suet Crust Pastry
Suet crust pastry adalah jenis pastry tradisional yang bahan utamanya terdiri dari lemak hewan. Dahulu, orang sering menggunakan suet crust pastry untuk membungkus puding kukus.

● Hot Water Crust Pastry
Adonan pastry yang satu ini biasanya diuleni dengan tangan, karena terdiri dari bahan dasar berupa lemak hewan. Hot water crust pastry cocok digunakan dengan bahan isian yang gurih.

● Pate Sucree Pastry
Pate sucree pastry adalah jenis pastry manis yang populer di Perancis. Bahan dasarnya terdiri dari campuran telur dan putih telur, sehingga teksturnya sangat ringan, renyah, dan manis.

Tips Membuat Adonan Puff Pastry

Seperti halnya dalam membuat berbagai macam makanan atau kue, dalam membuat adonan puff pastry, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan. Apa sajakah itu?

● Selalu Menggunakan Bahan-Bahan Berkualitas

Anda wajib menyiapkan bahan-bahan berkualitas bila ingin membuat puff pastry. Meskipun cara membuat puff pastry relatif mudah, penggunaan bahan-bahan segar tetap menjadi kunci utamanya. Beberapa jenis bahan yang wajib Anda siapkan bila akan membuat puff pastry, yaitu:
1. Tepung terigu protein tinggi
2. Mentega pastry
3. Margarin
4. Kuning telur
5. Garam
6. Air dingin
Untuk hasil terbaik, jangan lupa menggunakan margarin Blue Band Cake And Cookie, karena varian margarin Blue Band tersebut memiliki tekstur lembut dan aroma khas yang menggugah selera. Penggunaan margarin Blue Band Cake and Cookie akan menghasilkan puff pastry yang sempurna dan cocok dipadukan dengan bahan pelengkap lainnya.

● Teknik Mencampur Bahan yang Tepat

Semua bahan puff pastry (kecuali mentega pastry) harus dicampur merata dengan mixer berkecepatan rendah. Campurkan adonan sebentar saja hingga seluruh bahan benar-benar menyatu. Selanjutnya, adonan yang sudah siap bisa segera diangkat dari mixer dan disimpan dalam plastik bersih.

● Proses Menggiling Adonan Harus Dilakukan dengan Hati-Hati

Setelah adonan puff pastry diistirahatkan di lemari es, selanjutnya Anda bisa memulai proses penambahan mentega pastry. Mulailah menggiling adonan puff pastry di tempat yang datar. Anda tidak perlu menambahkan taburan tepung terigu karena adonan tersebut tidak lengket.

Selanjutnya, letakkan mentega pastry yang telah dipotong-potong lalu lipatlah adonan puff pastry. Proses ini harus dilakukan dengan hati-hati agar mentega pastry tidak pecah atau keluar dari lipatan adonan. Bila Anda melakukannya dengan benar, pasti puff pastry Anda akan memiliki lapisan-lapisan sempurna dengan tekstur yang renyah.

● Menyimpan Adonan di Lemari Es

Setiap kali selesai menambahkan lapisan mentega pastry, Anda wajib menyimpan adonan dalam lemari es selama beberapa saat (minimal satu jam). Proses ini penting untuk menjaga tekstur lemak agar tetap padat. Sehingga adonan puff pastry akan mengembang sempurna saat dipanggang. Jika adonan puff pastry Anda sudah jadi, Anda bisa segera menggunakannya untuk membuat aneka kreasi hidangan.

Aneka Kreasi Hidangan Berbahan Dasar Puff Pastry

Setelah menguasai cara membuat puff pastry, maka Anda bisa membuat beberapa hidangan istimewa berikut ini:

● Pizza Pastry

Kalau Anda bosan dengan adonan pizza yang tebal dan menyerupai roti, Anda bisa membuat pizza dari bahan dasar pastry. Adonan pastry yang siap digunakan tinggal diberi tambahan saus tomat dan aneka topping seperti keju mozzarella, daging asap, jamur, dan paprika. Panggang sebentar hingga puff pastry dan topping-nya matang sempurna sebelum disajikan dalam keadaan hangat.

● Napoleon

Kreasi puff pastry yang satu ini memang spesial dan selalu menggugah selera. Napoleon terbuat dari lapisan puff pastry yang diselingi dengan krim lembut. Bagian atasnya dilapisi dengan sugar glaze untuk menyempurnakan cita rasanya. Tekstur krim lembut yang berpadu dengan puff pastry renyah pasti membuat cita rasanya jadi lebih menakjubkan.

● Cream Horns

Camilan tradisional yang satu ini memang masih sangat populer dan disukai banyak orang. Cream horns terdiri dari adonan puff pastry yang dibentuk dalam cetakan kerucut. Puff pastry yang sudah dicetak kemudian dipanggang hingga matang, kemudian bagian tengahnya diberi isian krim hingga penuh. Biasanya krim tersebut dicampur dengan sedikit rum agar aromanya lebih istimewa.

● Cinnamon Roll

Jenis olahan puff pastry ini juga masih sangat digemari. Adonan puff pastry digulung lalu diberi taburan bubuk kayu manis dan kismis. Permukaannya juga diolesi kuning telur agar lebih mengkilap setelah matang. Selanjutnya, cinnamon roll harus dipanggang sampai matang. Anda juga bisa menambahkan bubuk kayu manis lagi setelah cinnamon roll matang. Supaya aroma rempahnya semakin kuat.

Kini, Anda pasti sudah tidak bingung lagi dengan cara membuat puff pastry dan aneka kreasinya. Mari menyiapkan bahan-bahan untuk membuat puff pastry. Dari satu adonan puff pastry, Anda bisa membuat bermacam-macam kreasi kudapan yang cita rasanya berbeda. Selamat berkreasi dengan resep puff pastry favorit keluarga Anda!

Sumber:
fimela.com/lifestyle-relationship/read/3839994/jenis-jenis-pastry-yang-enak-dan-menggugah-selera
food.detik.com/info-kuliner/d-1802561/5-ide-snack-berbahan-pastry
smartpluspro.com/articles-detail/10-kreasi-yang-bisa-anda-lakukan-dengan-puff-pastry-1
haho.co.id/media/tutorial/suka-dessert-pelajari-9-jenis-pastry/
resepkoki.id/4-tips-sukses-membuat-puff-pastry-yang-berlapis-lapis-mengembang-naik-dan-renyah/
Diakses pada: 2 April 2019

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Strawberry Ternyata Mengandung Omega 3!

Strawberry Ternyata Mengandung Omega 3!

Usai mengetahui khasiat stroberi untuk tumbuh kembang anak kali ini, Ibu pasti makin telaten mencari dan mempraktikkan resep-resep berbahan dasar stroberi.
Manfaat Omega 3 dalam Seporsi Sarapan Tuna

Manfaat Omega 3 dalam Seporsi Sarapan Tuna

Bukan cuma cocok jadi menu sarapan pagi atau waktu makan lainnya, ikan tuna rupanya punya manfaat nutrisi yang istimewa. Apa saja sih keistimewaan? Temukan jawabannya disini.
Tips Seputar Membuat Tumisan Ayam

Tips Seputar Membuat Tumisan Ayam

Sebelum Ibu membuat resep tumisan berbahan dasar ayam, simak dulu yuk beberapa tips seputar membuat tumisan ayam berikut ini.
Sarapan Semakin Sehat dengan 5 Bahan Makanan Ini

Sarapan Semakin Sehat dengan 5 Bahan Makanan Ini

Beberapa bahan berikut ini harus disediakan Ibu sebagai bahan baku resep sarapan pagi yang praktis, mudah dibuat dan sehat.
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset