Cara Membuat Garlic Bread Sederhana dan Lezat

Cara Membuat Garlic Bread Sederhana dan Lezat
Cara membuat garlic bread ternyata sangat praktis dan bahan-bahannya mudah didapat. Sudahkah Anda siap mencoba membuatnya sendiri rumah?
Variasi menu berbahan dasar roti memang selalu disukai semua orang, karena roti bisa dikreasikan dengan bermacam-macam bahan isian. Salah satu resep roti klasik yang istimewa adalah garlic bread. Cara membuat garlic bread yang praktis dan rasanya yang khas membuat kreasi roti ini tetap populer. Sebelum menyimak ulasan tentang cara membuat garlic bread, sebaiknya Anda mengenal sejarah dan tips-tips pembuatannya terlebih dahulu!

Lebih Dekat dengan Sejarah Garlic Bread

Garlic bread diyakini berasal dari kawasan Eropa Selatan, karena kawasan tersebut menjadi habitat tanaman bawang putih sejak ribuan tahun lalu. Resep garlic bread yang populer hingga saat ini merupakan pengembangan resep bruschetta khas Italia. Roti yang kedua sisinya sudah dipanggang akan diolesi dengan minyak zaitun.

Resep bruschetta klasik kemudian diperkenalkan oleh imigran Italia yang bermukim di Amerika Serikat. Awalnya, resep tersebut sering disajikan bersama pasta dan ikan di restoran-restoran Amerika Serikat. Lama-kelamaan, variasi resep dengan tambahan bawang putih juga turut disukai. Penggunaan bawang putih sebagai topping roti dipilih karena menghasilkan aroma khas yang istimewa. Akhirnya, resep bruschetta asli mulai berevolusi menjadi garlic bread yang Anda kenal saat ini.

Tips Membuat Garlic Bread

Dalam membuat garlic bread, ada hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan garlic bread yang nikmat.

● Memilih Jenis Roti yang Tepat

Jenis roti yang berbeda akan menghasilkan tekstur garlic bread yang berbeda pula. Kalau Anda menyukai garlic bread yang teksturnya renyah, Anda harus menggunakan roti tawar tipis. Namun, Anda bisa memilih roti baguette yang sudah dipotong-potong bila menginginkan tekstur garlic bread yang bagian tengahnya empuk.

● Garlic Bread Renyah atau Empuk?

Garlic bread empuk sangat cocok disantap saat sarapan. Anda tidak butuh waktu lama untuk membuatnya, karena proses pemanggangannya bisa dilakukan dalam waktu singkat. Saat garlic bread mulai mengering, Anda bisa segera mengangkat dan menyajikannya dalam keadaan hangat.

Namun bila Anda lebih menyukai garlic bread renyah, Anda tentu harus memanggang dengan durasi lebih lama. Garlic bread yang sangat renyah dan kering bisa disimpan dalam wadah bertutup rapat selama beberapa hari. Itulah sebabnya jenis garlic bread renyah paling cocok disajikan sebagai camilan.

● Menyiapkan Bawang Putih Cincang

Bawang putih cincang adalah bahan utama yang harus ada saat membuat garlic bread. Pilih bawang putih besar yang aromanya kuat. Lalu, cincang bawang putih tersebut sampai halus sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya, karena bawang putih yang potongannya besar-besar akan menimbulkan rasa langu ketika diolah menjadi garlic bread.

● Temperatur Margarin yang Tepat

Anda wajib menyiapkan margarin dengan temperatur yang pas saat akan membuat garlic bread. Margarin harus berada pada temperatur ruangan supaya teksturnya lembut dan mudah dioles pada roti. Kalau Anda terbiasa menyimpan margarin di lemari es, keluarkan dulu margarin tersebut beberapa saat sebelum digunakan. Diamkan selama kurang lebih satu jam supaya teksturnya kembali lembut dan siap digunakan.

● Membuat Bahan Olesan Garlic Bread

Jangan mengabaikan bahan olesan saat mempelajari cara membuat garlic bread. Proses membuat bahan olesan sangat mudah. Anda hanya perlu mencampur margarin dengan oregano kering dan bawang putih cincang. Kemudian, aduk campuran bahan tersebut agar merata sebelum dioleskan pada permukaan roti.

● Agar Garlic Bread Menjadi Lebih Gurih

Kunci kelezatan garlic bread terletak pada penggunaan bawang putih dan margarin pilihan Anda. Sebaiknya Anda menggunakan margarin Blue Band Serbaguna untuk menghasilkan garlic bread istimewa, karena margarin Blue Band Serbaguna memiliki aroma dan rasa khas yang akan menyempurnakan kelezatan hidangan Anda. Selain itu, margarin Blue Band Serbaguna juga kaya kandungan vitamin A, B1, B2, D, E serta omega 3 dan 6 yang baik untuk kebutuhan gizi harian tubuh. Kandungan gizi garlic bread buatan Anda akan semakin lengkap bila Anda selalu mengandalkan margarin Blue Band Serbaguna sebagai bahan dasarnya.

● Proses Memanggang Garlic Bread

Garlic bread akan matang merata bila dipanggang di oven. Namun, Anda tetap bisa membuatnya walaupun tidak memiliki oven. Gunakan wajan anti lengket yang sudah dipanaskan dan diolesi dengan margarin Blue Band Serbaguna. Agar kedua sisi garlic bread matang sempurna, pangganglah garlic bread dengan api kecil. Tutuplah wajan tersebut supaya panas wajan dapat menyebar secara merata. Jangan memasak garlic bread dengan api besar karena hal tersebut akan membuatnya cepat hangus. Aroma bawang putihnya pun menjadi tidak sedap lagi.

● Garlic Bread Tidak Perlu Dibolak-Balik

Ketika memanggang garlic bread dengan wajan anti lengket, Anda tidak perlu membalik-balikkannya. Kedua sisi garlic bread akan matang sempurna bila Anda memanggangnya dengan api kecil. Menutup permukaan wajan akan mendukung proses pemanggangan agar berlangsung sempurna. Sehingga permukaan garlic bread pun akan bertekstur renyah.

● Menambahkan Topping Keju

Jika Anda ingin garlic bread yang lebih istimewa, Anda bisa menambahkan topping keju mozzarella. Taburkan potongan keju mozzarella pada permukaan garlic bread yang hampir matang. Tekstur keju mozzarella akan mencair ketika wajan panas atau oven. Cita rasa garlic bread pun akan semakin gurih dan istimewa. Garlic bread dengan tambahan keju mozzarella sebaiknya disantap selagi hangat.

Resep Garlic Bread Sederhana

Bahan-bahan:
  • Beberapa lembar roti tawar atau roti baguette
  • Margarin Blue Band Serbaguna secukupnya
  • Oregano kering secukupnya
  • Bawang putih yang sudah dicincang halus

Cara Membuat:
● Mulai dengan membuat bahan olesan garlic bread terlebih dahulu. Campurkan margarin Blue Band Serbaguna dengan oregano kering dan bawang putih cincang. Aduk cepat agar seluruh bahan tercampur merata.
● Oles campuran margarin tersebut pada salah satu sisi roti. Jangan sampai ada bagian roti yang masih kering. Karena bagian kering tersebut akan mudah gosong saat roti dipanggang.
● Panaskan wajan anti lengket lalu olesi dengan sedikit margarin Blue Band Serbaguna.
● Panggang roti yang sudah diolesi campuran margarin pada wajan anti lengket. Tutup wajan tersebut agar proses pemanggangan berlangsung sempurna.
● Jika garlic bread sudah mulai matang dan teksturnya mengering, Anda bisa segera mengangkatnya dari wajan dan menyajikannya selagi hangat. Namun, Anda dapat memanggang roti lebih lama kalau menginginkan tekstur garlic bread yang lebih renyah.

Cara membuat garlic bread yang mudah tersebut tentu tidak akan menyita waktu Anda. Bahan-bahannya pun sangat sederhana dan gampang didapat. Anda bisa membuat garlic bread untuk menu sarapan maupun camilan, sehingga si kecil tidak akan bosan dengan sajian roti yang itu-itu saja.

Jadi, jangan lupa mengandalkan margarin Blue Band Serbaguna untuk hasil garlic bread yang istimewa. Kini, Anda tahu bahwa membuat garlic bread ternyata mudah dan cepat. Jadikan resep roti populer tersebut sebagai salah satu menu andalan di rumah. Keluarga pun pasti akan tergiur ingin segera mencicipi ketika Anda membuatnya sendiri. Selamat mencoba!

Sumber:
fimela.com/lifestyle-relationship/read/3773917/tips-bikin-garlic-bread-enak-ala-resto-tanpa-oven-cobain-yuk
food24.com/News-and-Guides/Food-in-Focus/Top-tips-for-making-garlic-bread-20120920
fimela.com/lifestyle-relationship/read/3732153/resep-garlic-bread-sederhana
Diakses pada: 3 April 2019

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

8 Makanan yang Penting untuk Sarapan

8 Makanan yang Penting untuk Sarapan

Sarapan pagi sehat memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Nah, supaya nutrisi Anda terpenuhi, berikut ini terdapat 8 bahan makanan yang tepat untuk sarapan Anda.
Cara Membuat Garlic Bread Sederhana dan Lezat

Cara Membuat Garlic Bread Sederhana dan Lezat

Cara membuat garlic bread ternyata sangat praktis dan bahan-bahannya mudah didapat. Sudahkah Anda siap mencoba membuatnya sendiri rumah?
Serba-Serbi Menu Sarapan Berbahan Dasar Jamur

Serba-Serbi Menu Sarapan Berbahan Dasar Jamur

Selain lezat untuk lauk, jamur juga cocok diolah menjadi menu sarapan pagi. Bahkan bekal anak sekolah berbahan jamur pun pasti membuat si kecil antusias menyantapnya.
Kelezatan Shawarma yang Tiada Tara

Kelezatan Shawarma yang Tiada Tara

Penggemar kebab pasti sudah tak asing lagi dengan jenis sandwich yang satu ini. Ya, shawarma. Shawarma adalah salah satu jenis sandwich non vegetarian yang berasal dari kawasan Timur Tengah.
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset