Bahan Yang Sering Digunakan Dalam Membuat Resep Kue Kukus

Bahan Yang Sering Digunakan Dalam Membuat Resep Kue Kukus
Resep kue kukus buatan Ibu makin istimewa dengan penambahan bahan-bahan ini. Yuk, siapkan bahannya dan mulailah berkreasi membuat aneka kue kukus.

Penganan modern memang semakin banyak jumlahnya. Tetapi kalau sudah bosan menyantap penganan modern, camilan tradisional berupa kue kukus bisa menjadi alternatif yang tepat. Kini resep kue bergaya tradisional bisa divariasikan dengan aneka bahan supaya cita rasanya lebih istimewa.


Bahan Kreasi Resep Kue Kukus

Penggunaan margarin Blue Band Cake and Cookie tentu saja membuat resep kue kukus Anda jadi lebih lembut dan sedap, karena varian margarin Blue Band yang satu ini merupakan paduan sempurna margarin dan butter, yang akan menambah rasa yang lembut dan aroma yang yang harum khas butter tanpa perlu menggunakan butter. Dalam membuat kue kukus, selain Blue Band Cake and Cookie, berikut adalah beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membuat kreasi kue kukus.


Tepung Hunkwe

Jenis tepung yang satu ini memang tidak sepopuler tepung terigu atau tepung beras. Namun, rasa dan tekstur tepung hunkwe akan membuat sensasi kue Anda terasa lebih istimewa. Tepung hunkwe terbuat dari sari pati kacang hijau yang sudah melalui proses penggilingan dan pengeringan. Jika Anda menggunakan tepung hunkwe sebagai bahan dasar kue, maka kue buatan Anda akan bertekstur kenyal dan aromanya semakin sedap.


Durian

Pernahkah Anda membuat bolu kukus gulung durian ala Blue Band? Kreasi kue yang satu ini sangat istimewa dan cocok untuk para pencinta durian. Daging durian yang lembut dan manis dengan aroma khas membuat bolu kukus Anda jadi lebih spesial dari biasanya. Jenis durian apa pun bisa digunakan untuk melengkapi kue kukus, asalkan daging duriannya sudah matang, manis, dan bertekstur lembut.


Labu Kuning

Labu kuning biasanya digunakan sebagai pewarna alami untuk beragam jenis kue. Bahkan selain menjadi pewarna, penggunaan labu kuning juga membuat kue Anda jadi lebih legit dan gurih. Sebelum dicampurkan dalam adonan kue, labu kuning harus dikukus dan dihancurkan terlebih dahulu supaya mudah menyatu dengan adonan.


Daun Pandan

Aneka kue tradisional terasa lebih istimewa dengan penambahan daun pandan. Aroma daun pandan yang harum akan membuat kue Anda jadi lebih menggugah selera. Untuk hasil terbaik, gunakan daun pandan wangi yang bentuknya lebih kecil dari pandan biasa. Karena jenis pandan ini memiliki aroma yang lebih kuat daripada pandan biasa.


Daun Suji

Untuk melengkapi aroma daun pandan, ada daun suji yang sering digunakan sebagai bahan pewarna alami pada makanan. Daun suji bisa diblender bersama daun pandan untuk menghasilkan campuran pewarna hijau dan penambah aroma alami pada kue kukus.


Kelapa

Kalau ingin membuat cita rasa kue kukus jadi lebih gurih, jangan ragu untuk menggunakan kelapa. Anda bisa menggunakan kelapa parut atau santan kelapa sebagai bahan pelengkap kue kukus. Jangan lupa mengupas kulit kelapa hingga bersih supaya tidak membuat warna kue kukus jadi kusam.


Gula Merah

Bahan makanan yang terbuat dari pohon aren ini memang kerap digunakan untuk melengkapi kue tradisional. Gula merah membuat aroma kue kukus semakin khas dan warnanya pun lebih menggugah selera. Sebelum digunakan, sebaiknya gula merah dicairkan dan disaring terlebih dahulu agar kotoran yang ada di dalamnya tidak tercampur dengan adonan kue.


Pisang

Penggunaan pisang merupakan salah satu ciri khas kue khas Indonesia. Anda bisa menggunakan pisang yang sudah dihaluskan untuk campuran adonan atau sebagai topping. Jenis pisang yang paling cocok menjadi bahan dasar kue adalah pisang ambon. Sebab jenis pisang ini memiliki tekstur lembut dan rasa manis yang pas. Pisang ambon yang sudah dihaluskan harus segera dicampurkan ke adonan sebelum warnanya berubah menjadi agak kehitaman.


Tape Singkong

Jenis tape yang satu ini terbuat dari singkong pilihan yang difermentasikan dengan ragi selama beberapa hari. Tape singkong berkualitas biasanya memiliki tekstur yang lembut, warna kuning pekat, dan rasa asam manis yang pas. Tambahkan tape singkong dalam kreasi kue kukus Anda agar cita rasanya lebih istimewa. Namun Anda harus menakar penggunaan tape singkong dengan tepat. Sebab penggunaan tape singkong yang terlalu banyak akan membuat kue gagal mengembang ketika dipanggang.


Sukade

Jika Anda menyukai tekstur renyah sebagai kejutan pada kue, berarti Anda pasti menyukai sukade. Bahan makanan yang satu ini terbuat dari pepaya muda yang diberi gula dan pewarna kemudian dikeringkan. Biasanya sukade ditambahkan sebagai topping sebelum kue dikukus. Warna-warni sukade yang cantik akan membuat kue Anda lebih menggugah selera.


Bubuk Kopi

Anda tidak membutuhkan banyak bahan untuk membuat aroma kue kukus lebih istimewa. Salah satu bahan sederhana yang bisa Anda gunakan adalah bubuk kopi. Untuk menghasilkan aroma kopi yang pekat, bubuk kopi harus diseduh terlebih dahulu dengan sedikit air panas. Setelah ampas kopi mulai mengendap, campurkan air seduhan kopi tersebut dengan adonan kue. Selanjutnya, adonan kue beraroma kopi yang sudah tercampur rata pun dapat dikukus hingga matang.


Karamel

Karamel adalah hasil olahan gula pasir yang bertekstur cairan pekat. Penambahan karamel dalam kue kukus akan menghasilkan warna yang menarik sekaligus aroma khas. Membuat karamel memang membutuhkan ketelitian tinggi. Anda harus memasak gula pasir dengan api kecil dalam waktu lama untuk mendapatkan tekstur karamel yang sempurna. Karamel buatan Anda sudah mencapai kondisi sempurna bila warnanya berubah menjadi cokelat dan bisa membentuk tekstur menyerupai jaring ketika ditarik dengan sendok.


Cokelat

Popularitas cokelat sebagai bahan dasar dalam resep kue kukus tentu tidak perlu diragukan lagi. Biasanya kue kukus sering menggunakan tambahan bubuk cokelat untuk memperkaya rasa, aroma, dan warna. Anda juga bisa menggunakan jenis cokelat lainnya seperti chocochips atau coating chocolate sebagai topping kue.


Keju

Bahan dasar kue kukus terakhir yang tidak boleh luput dari perhatian Anda adalah keju. Sama seperti penggunaan cokelat, keju juga bisa divariasikan sebagai bahan adonan atau topping. Jenis keju yang paling tepat untuk resep aneka kue kukus adalah keju cheddar. Karena keju ini memiliki rasa, tekstur, dan aroma yang pas dengan selera masyarakat Indonesia.


Tips Membuat Kue Kukus

Dengan bahan-bahan di atas, Anda bisa berkreasi membuat beragam rasa dan jenis kue kukus yang Anda inginkan. Agar kue kukus yang Anda buat bisa semakin lezat dan nikmat, Anda pun harus memahami cara membuatnya. Berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dalam membuat kue kukus.


Telur Dengan Suhu Ruang

Agar kue kukus Anda mekar dengan sempurna, sebaiknya Anda menggunakan telur dalam suhu ruang, yang berarti bahwa telur yang Anda gunakan tidak dingin dari kulkas. Diamkan terlebih dahulu hingga telur ada pada suhu ruang.


Didihkan Air Pada Dandang

Saat mengukus kue Anda, sebaiknya didihkan dulu air di dalam dandangnya, karena mengukus dengan air yang masih dingin akan membuat kue kukus yang Anda buat menjadi lama matangnya dan membuatnya menjadi bantat.


Cetakan Yang Berlubang

Dengan menggunakan cetakan yang berlubang, maka uap air akan mematangkan kue kukus Anda secara merata. Masukan juga cup kertas dengan tinggi yang sama dengan cetakan lalu rapikan hingga sesuai dengan bentuk cetakan.


Ikuti Resepnya

Usahakanlah untuk mengikuti resep kue kukus yang ada tanpa memodifikasi bahan-bahan atau langkah-langkahnya. Kebanyakan kue kukus menjadi gagal, karena modifikasi bahan dan langkah yang ada pada resep.


Jangan Dibuka Sebelum Waktunya

Waktu yang dibutuhkan untuk mengukus kue adalah 20 hingga 30 menit. Oleh karena itu, usahakan jangan membuka penutup dandang sebelum waktu tersebut, walaupun hanya untuk mengintipnya. Sering membuka penutup akan mempengaruhi uap dan panasnya di dalam dandang, sehingga akan mempengaruhi proses pematangan kue Anda.

Setelah mengenal bahan-bahan dan tips-tips di atas, kini Anda siap berkreasi membuat kue kukus aneka rasa. Yuk, sajikan kue kukus lezat untuk menyemangati si kecil saat beraktivitas!


Sumber:

lifestyle.liputan6.com/read/2188372/6-makanan-olahan-durian-yang-dAndaru-pecinta-kuliner?p=2 travel.kompas.com/read/2016/01/28/082700327/Simak.Tips.Cara.Memilih.Durian

Tirtawinata, dkk. (2016). Durian: Pengetahuan Dasar untuk Pecinta Durian. Jakarta: Agriflo (Penebar Swadaya Group). (goo.gl/aXxpTn)

Soesilo, D. (2013). Kue-Kue Kukus Tradisional. Jakarta: PT. Agromedia Pustaka. (goo.gl/SDFlqV)

blueband.co.id/resep/bolu-gulung-kukus-durian

hipwee.com/tips/hanya-bermodal-panci-saja-8-resep-kue-kukus-tanpa-oven-ini-bisa-kamu-praktikkan-di-rumah/

reseponline.info/5-resep-kue-kukus-untuk-pemula-yang-mudah-dAndaat/

masakkue.com/2013/02/kue-kukus.html

food.detik.com/cooking-tips/d-1429240/tepung-hunkwe


Diakses pada: 18 Desember 2017

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Inilah Manfaat Margarin sebagai Bahan Olesan Roti

Inilah Manfaat Margarin sebagai Bahan Olesan Roti

Sarapan merupakan salah satu waktu makan yang sangat penting, Bu. Dengan menyantap sarapan, Ibu dan anggota keluarga akan lebih bersemangat dan berenergi untuk melakukan berbagai aktivitas harian. Berbagai aktivitas dan pekerjaan akan terselesaikan dengan cepat dan baik bila Ibu mendapatkan asupan energi yang penuh dengan nutrisi. Sang suami pun akan berkonsentrasi dengan baik di kantor, begitupun si buah hati yang memiliki segudang aktivitas sekolah. Tak heran bila banyak orang yang menginginkan resep sarapan pagi yang lezat, praktis, dan mengenyangkan.
Kreatif Mengolah Telur untuk Sarapan

Kreatif Mengolah Telur untuk Sarapan

Jika menyebut kata ‘sarapan’, Ibu pasti teringat telur sebagai salah satu bahan makanan yang paling sering digunakan untuk membuat menu sarapan. Telur yang biasanya kerap jadi pelengkap nasi goreng memang merupakan bahan makanan yang bergizi dan praktis untuk sarapan ya, Bu.
Ragam Resep Sarapan Bergizi untuk Si Kecil

Ragam Resep Sarapan Bergizi untuk Si Kecil

Menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga, termasuk si Kecil, adalah salah satu kewajiban bagi setiap Ibu. Asupan gizi yang cukup setiap hari akan membuat si Kecil senantiasa sehat dan siap menjalani aktivitasnya. Si Kecil tentu akan semakin aktif dan membutuhkan gizi dan nutrisi yang cukup untuk mendukung tumbuh kembangnya.
Hindari Kesalahan Ini Saat Membuat Nasi Goreng

Hindari Kesalahan Ini Saat Membuat Nasi Goreng

Banyak orang yang menganggap bahwa membuat nasi goreng adalah hal yang sangat mudah. “Belum bisa masak kalau belum bisa membuat nasi goreng”, begitu katanya. Cara membuat nasi goreng memang sangat mudah, bahan-bahannya pun sangat mudah didapat. Bahkan tak perlu membeli bahan-bahan khusus, karena bahan yang tersedia di lemari pendingin dapat dimanfaatkan untuk membuat nasi goreng.Namun sebenarnya masih banyak orang yang keliru memahami cara membuat nasi goreng yang benar. Hasilnya, nasi goreng terasa kurang lezat dan teksturnya basah. Agar tak keliru lagi saat membuat nasi goreng, pelajari dulu beberapa kesalahan saat membuat nasi goreng dan carilah solusi dari kesalahan tersebut. Beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat membuat nasi goreng di antaranya:
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset