Agar Tampilan Bolu Gulung Lebih Cantik dan Sempurna

Agar Tampilan Bolu Gulung Lebih Cantik dan Sempurna
Sajian makanan yang lezat dan cantik seringkali menghiasi meja makan saat acara keluarga. Selain aneka masakan, Ibu pasti sibuk mencari informasi mengenai resep kuesupaya Ibu juga bisa menyuguhkan berbagai kue yang nikmat sebagai kudapan saat berkumpul bersama keluarga. Resep kue yang bisa Ibu praktikkan tak melulu harus kue kering lho, Bu. Sesekali menyajikan aneka bolu gulung pasti akan membuat anggota keluarga dan para tamu menjadi tergiur untuk mencicipinya.

Supaya Ibu jadi makin terampil membuat bolu gulung, tips membuat kue kali ini akan membuat Ibu fasih cara menggulung kue bolu. Menggulung kue bolu dengan benar tentu akan menghasilkan bolu gulung yang bentuknya rapi dan sempurna.


Gulunglah Selagi Panas
Bolu yang baru dikeluarkan dari oven biasanya memang masih panas serta teksturnya masih sangat lembut dan empuk. Menggulung bolu sebaiknya dilakukan saat bolu tersebut masih panas, karena kue bolu yang digulung saat sudah dingin justru lebih rentan patah atau rusak karena teksturnya yang sudah agak mengeras. Jika bolu bertekstur padat, taburi permukaannya dengan gula pasir lalu gulung.


Gunakan Alas untuk Menggulung Bolu
Sebaiknya Ibu menyiapkan alas untuk menggulung bolu. Biasanya alas yang paling sering digunakan adalah kertas roti atau sehelai kain bersih. Taburi alas tersebut dengan sedikit gula halus agar kulit kue bolu yang masih panas tak menempel pada alas ketika akan digulung.


Bolu Gulung dengan Filling
Bolu gulung dengan filling memang sangat lezat ya, Bu. Namun, perlu sedikit trik untuk membuatnya. Bila Ibu ingin menggunakan bahan filling yang mudah meleleh misalnya krim, gulunglah bolu dalam keadaan masih panas. Diamkan bolu yang sudah digulung selama beberapa menit sebelum gulungannya kembali dibuka. Setelah membuka gulungan bolu, dinginkan bolu tersebut lalu mulailah tambahkan bahan filling. Menggulung bolu saat masih panas lalu membukanya kembali akan membuat tekstur bolu tetap lentur ketika sudah dingin. Untuk bahan filling berupa selai, Ibu bisa langsung menambahkannya ketika kue bolu masih dalam keadaan panas.


Tingkat Kematangan yang Pas
Kue bolu akan mudah patah saat digulung bila teksturnya terlalu kering dan terlalu lama dipanggang. Oleh sebab itu, pastikan bahwa temperatur dan waktu yang digunakan untuk memanggang bolu sudah tepat agar tekstur kue bolu tetap lembut. Namun jika bolu terlalu kering ketika dipanggang, Ibu masih bisa ‘menyelamatkannya’, lho. Olesi satu sisi permukaannya dengan air gula lalu diamkan hingga air gula meresap sebelum siap diberi filling atau digulung.


Dengan menyimak tips membuat kue kali ini, Ibu telah banyak belajar mengenai teknik membuat bolu gulung yang benar. Membuat bolu gulung cantik kini tak hanya bisa dilakukan oleh toko-toko kue populer saja, karena Ibu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.


Sources:
Dapur Anissa. 2010. Kreasi Bolu Gulung Bermotif. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
cookinglight.com/cooking-101/techniques/gallery-how-to-roll-jelly-cake/ho-roll-jelly-roll-1.
bbc.co.uk/food/techniques/how_to_make_a_swiss_roll_cake.
Diakses pada: 10 September 2014.

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Cara Membuat Kue Ulang Tahun Sederhana Tanpa Oven

Cara Membuat Kue Ulang Tahun Sederhana Tanpa Oven

Anda ingin membuat kue ulang tahun tapi terkendala karena tidak memiliki oven? Yuk ikuti cara membuat kue ulang tahun sederhana tanpa oven yang praktis berikut ini!
Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Memanggang Kue dengan Oven Listrik

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Memanggang Kue dengan Oven Listrik

Jangan panik dulu bila Anda belum terlalu menguasai teknik penggunaan oven listrik. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal penting ini saat memanggang kue dengan oven listrik berikut ini.
4 Tips Penting Dalam Mengaduk Adonan Kue

4 Tips Penting Dalam Mengaduk Adonan Kue

Selain butuh bahan-bahan kue berkualitas, Anda juga harus menguasai cara mengaduk adonan kue yang benar, supaya Anda bisa menghasilkan tekstur kue yang sempurna sesuai keinginan.
Menu Sarapan Pagi Bergizi untuk Menunda Penuaan Dini

Menu Sarapan Pagi Bergizi untuk Menunda Penuaan Dini

Untuk meminimalkan risiko penuaan dini, Ibu tetap harus memperhatikan kandungan gizi pada menu sarapan pagi setiap hari dengan memilih beberapa bahan makanan berikut ini.
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset