9 Tips Efektif Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

9 Tips Efektif Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak
Mendukung tumbuh kembang anak bukan hanya melalui asupan makanan bergizi. Ada hal-hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan demi perkembangan si kecil.

Proses tumbuh kembang anak pasti menjadi fokus perhatian orang tua sejak anak baru lahir. Banyak hal yang mempengaruhi proses tersebut. Sehingga orang tua memang harus cermat memperhatikan segala kebutuhan anak sedini mungkin. Walaupun proses perkembangan anak berbeda-beda, Anda tetap harus memiliki wawasan luas tentang kebutuhan anak untuk mendukung tumbuh kembang tersebut.


9 Cara Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak

Ingin tahu lebih banyak tentang cara mengoptimalkan tumbuh kembang anak? Mari simak ulasan lengkap ini terlebih dahulu!


1. Kebutuhan Gizi Dan Stimulasi Sejak Di Dalam Kandungan

Ternyata tumbuh kembang anak harus diperhatikan sejak masih berada di dalam kandungan. Janin membutuhkan asupan gizi seimbang agar perkembangan fisik, otak, dan organ-organ lainnya berlangsung maksimal. Di samping itu, berbagai stimulasi sederhana juga tidak kalah penting untuk calon buah hati Anda. Calon ibu dan ayah harus lebih sering berinteraksi dengan janin. Obrolan yang positif dan alunan musik juga akan merangsang tumbuh kembang anak secara pesat.


2. Komunikasi Efektif Sejak Anak Lahir

Meskipun bayi yang baru lahir belum bisa menanggapi komunikasi orang-orang di sekitarnya, otak bayi akan terstimulasi untuk berkembang bila diajak berkomunikasi secara teratur. Oleh sebab itu, Anda dan pasangan harus rutin mengajak buah hati berkomunikasi sejak baru lahir. Komunikasi tentu tidak sebatas pada obrolan, melainkan juga bisa melalui sentuhan kulit dan ekspresi wajah. Jalinan komunikasi yang efektif antara anak dan orang tua akan membuat perkembangan emosional anak berlangsung pesat.


3. Memenuhi Kebutuhan Gizi Harian Si Kecil

Sejak buah hati Anda sudah mulai mengonsumsi Makanan Pendamping ASI (MP-ASI). Anda bisa mulai memenuhi kebutuhan gizi hariannya dengan variasi makanan yang sangat beragam. Pada usia batita, anak-anak memang akan belajar mengenal cita rasa dan tekstur makanan yang Anda perkenalkan. Mungkin ada berbagai jenis makanan yang tidak disukai anak. Namun, Anda tetap harus menyiasatinya supaya kebutuhan gizi anak senantiasa terpenuhi.

Ketika anak-anak mulai memasuki usia sekolah, Anda pun harus lebih cekatan mendukung tumbuh kembang anak melalui menu makanannya. Oleh sebab itu, Anda mesti lebih kreatif membuat aneka menu makanan bergizi yang menggiurkan. Kini, asupan gizi tidak hanya bisa diperoleh dari bahan makanan berupa daging, sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Anda juga bisa mengandalkan margarin Blue Band untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi anak.

Margarin Blue Band mengandung vitamin A, B1, B2, D, E serta satu-satunya margarin yang mengandung kebaikan omega 3 dan 6 yang terbuat dari Canola Oil yang sangat dibutuhkan anak. Asupan vitamin dan asam amino tersebut akan mendukung daya tahan tubuh si kecil. Sehingga tumbuh kembang anak akan berlangsung maksimal jika kebutuhan gizi hariannya selalu tercukupi. Lebih dari itu, margarin Blue Band juga akan membuat aneka hidangan kreasi Anda jadi lebih lezat. Anda bisa menggunakan margarin Blue Band Serbaguna untuk membuat hidangan utama, camilan, dan aneka menu sarapan. Sedangkan margarin Blue Band Cake and Cookie cocok sebagai bahan dasar aneka kue dan menu yang dipanggang. Membuat kreasi hidangan lezat dan bergizi jadi lebih mudah bersama margarin Blue Band.


4. Menjaga Daya Tahan Tubuh Anak

Suatu penelitian kesehatan menyatakan bahwa tumbuh kembang anak usia balita akan berhenti sesaat ketika anak tersebut mengidap flu. Meskipun terdengar sepele, hal tersebut tentu wajib menjadi fokus Anda sebagai orang tua. Alangkah lebih baik jika anak memiliki sistem kekebalan tubuh yang senantiasa baik agar tidak mudah sakit. Sehingga proses perkembangan anak bisa berlangsung maksimal tanpa terganggu oleh penyakit tertentu.

Kebutuhan gizi harian yang terpenuhi merupakan salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Di samping itu, anak-anak juga harus rutin melakukan aktivitas fisik untuk memaksimalkan fungsi organ tubuh. Anda pun tidak perlu khawatir bila sesekali anak bermain dengan sesuatu yang kotor. Sebab hal tersebut justru menstimulasi tubuh anak untuk membentuk sel-sel antibodi sebagai bentuk pertahanan. Namun, Anda tetap harus memperhatikan kebersihan tubuh anak usai bermain dengan sesuatu yang kotor. Ajarkan anak untuk menjaga kebersihan diri secara mandiri sejak kecil.


5. Mengatur Intensitas Penggunaan Gadget Untuk Si Kecil

Memperkenalkan anak-anak pada teknologi memang baik. Namun, Anda harus memperhatikan intensitasnya supaya anak tidak mengalami kecanduan teknologi. Misalnya, ketergantungan gadget yang membuat anak-anak berisiko mengalami keterlambatan bicara dan gangguan komunikasi dengan orang lain. Mulailah memperkenalkan gadget kepada si kecil secara bertahap. Anda juga harus memiliki waktu untuk mengawasi penggunaan gadget tersebut. Jangan gunakan gadget sebagai “baby sitter digital” agar anak-anak tidak rewel sewaktu Anda sibuk beraktivitas. Perkembangan kognitif, bahasa, dan sosio-emosional anak tidak boleh terganggu oleh penggunaan gadget yang berlebihan.


6. Mengizinkan Anak Beraktivitas bersama Teman Sebaya

Aktivitas bersama teman sebaya ternyata juga merupakan hal penting yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Anak-anak akan belajar untuk berkomunikasi, mengekspresikan diri, dan menunjukkan empati ketika beraktivitas bersama teman sebaya. Jadi, playdate yang sedang tren di kalangan masyarakat modern memang bermanfaat bagi anak-anak, sehingga anak-anak memahami bahwa proses interaksi dengan orang lain (selain keluarga) juga sangat penting bagi dirinya sendiri.


7. Anak-Anak Butuh Momen Intim bersama Orang Tua

Semua anak membutuhkan momen intim bersama orang tua yang satu gender dengannya. Misalnya, anak laki-laki beraktivitas bersama ayahnya dan anak perempuan bersama ibunya. Tumbuh kembang anak juga mencakup tentang pemahaman menyeluruh mengenai gender. Momen intim bersama orang tua akan membuat anak mendapatkan pemahaman yang tepat tentang gendernya. Pelajaran penting ini juga akan membantu anak-anak ketika berinteraksi dengan orang lain yang satu gender maupun lawan jenis.


8. Membiasakan Anak untuk Berolahraga secara Teratur

Olahraga secara teratur tidak hanya meminimalkan risiko obesitas anak, tetapi juga memaksimalkan tumbuh kembang fisik anak, karena anak-anak yang berolahraga akan mengalami pertumbuhan tulang dan otot yang maksimal. Selain itu, anak-anak yang berolahraga secara teratur juga akan lebih bersemangat ketika menjalani aktivitas lainnya. Berbeda dengan anak-anak rentan mengalami kelebihan berat badan dan kemampuan kognitifnya sulit berkembang akibat malas bergerak.


9. Membantu Anak Menemukan Minat Dan Bakatnya

Proses perkembangan anak bukan hanya soal urusan fisik semata. Anda juga harus membantu buah hati untuk menemukan minat dan bakatnya sedini mungkin, karena minat dan bakat tersebut akan membuat anak lebih semangat beraktivitas. Kendati demikian, bukan berarti anak-anak boleh mengabaikan hal-hal lain yang tidak sesuai dengan minat dan bakatnya. Anda mesti memberikan pemahaman bahwa anak harus tetap mempelajari hal-hal yang tidak terlalu disukainya. Karena pengetahuan umum tetap menjadi hal penting yang mendukung keberhasilan anak. Jangan sampai tumbuh kembang kecerdasan anak tidak berlangsung pesat karena tidak menemukan hal-hal yang menjadi bakat dan minatnya.

Menjadi orang tua yang baik merupakan proses pembelajaran seumur hidup. Jadi, Anda harus menjadi pribadi yang lebih terbuka terhadap perkembangan zaman. Mari merawat buah hati secara teliti agar tumbuh kembangnya maksimal!


Sumber:
cantik.tempo.co/read/1071335/4-pilar-untuk-mencapai-tumbuh-kembang-anak-yang-optimal
liputan6.com/health/read/2943330/tiga-tahapan-penting-agar-tumbuh-kembang-anak-lebih-optimal
haibunda.com/kesehatan/d-3921926/begini-caranya-agar-tumbuh-kembang-anak-optimal
health.detik.com/anak-dan-remaja/3253413/begini-caranya-agar-tumbuh-kembang-anak-optimal
alodokter.com/tahukah-ibu-tumbuh-kembang-anak-yang-optimal-berawal-dari-pencernaan-sehat

Diakses pada: 6 Juli 2018

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Yuk, Membuat Sandwich Goreng!

Yuk, Membuat Sandwich Goreng!

Selain cocok untuk disajikan sebagai menu sarapan, sajian sandwich goreng juga cocok dijadikan sebagai camilan untuk menemani waktu santai bersama anak-anak.
5 Tips Agar Anak Semangat Sarapan di Pagi Hari

5 Tips Agar Anak Semangat Sarapan di Pagi Hari

Jika ingin membuat anak bersemangat dengan sarapan, Anda harus kreatif menyiapkan menu sarapan lezat yang bergizi dan menggugah selera di pagi hari.
4 Cara Tepat Agar Adonan Kue Mengembang Sempurna

4 Cara Tepat Agar Adonan Kue Mengembang Sempurna

Kreasi resep kue tradisional atau jenis kue lainnya harus melalui tahapan pembuatan yang benar. Agar adonannya mengembang sempurna dan menghasilkan kue lezat.
Tips Memilih Margarin yang Berkualitas

Tips Memilih Margarin yang Berkualitas

Agar manfaat margarin dapat Ibu suguhkan untuk seluruh anggota keluarga, Blueband akan berbagi tips memilih margarin yang berkualitas.
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset