8 Makanan yang Baik untuk Menu Sarapan Pagi

8 Makanan yang Baik untuk Menu Sarapan Pagi
Mengolah makanan yang baik untuk sarapan tidak harus membuat Anda repot. Yuk, mencoba kreasi delapan menu sarapan praktis yang bergizi berikut ini!

Menyiapkan sarapan sering kali menjadi rutinitas yang terasa merepotkan. Apalagi bila Anda harus berpacu dengan waktu di pagi hari. Keterbatasan mungkin membuat Anda kewalahan menyiapkan makanan yang baik untuk sarapan. Padahal, banyak sekali menu sarapan sehat yang bisa menjadi pilihan Anda setiap hari.


Variasi Menu Sarapan

Jika Anda sering bingung menyiapkan menu makanan yang baik untuk sarapan, delapan variasi menu ini dapat menjadi alternatif istimewa yang tepat.


1. Roti Gandum Selai Kacang

Roti gandum mengandung karbohidrat kompleks yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Sedangkan selai kacang mengandung protein, vitamin E, serat, dan mineral yang penting untuk metabolisme tubuh. Anda bisa membuat roti gandum selai kacang dalam waktu lima menit saja. Selain cocok disantap sebagai sarapan, menu praktis yang satu ini juga bisa dijadikan bekal.


2. Nasi Goreng Seafood

Bila punya waktu cukup banyak di pagi hari, tidak ada salahnya bila Anda mencoba kreasi nasi goreng seafood. Variasi olahan nasi yang satu ini pasti disukai seluruh anggota keluarga. Bahan-bahannya pun sederhana, Anda tinggal menyiapkan nasi dan bahan pelengkap berupa bumbu, udang, cumi-cumi serta potongan bakso ikan.

Jangan lupa menggunakan margarin Blue Band Serbaguna untuk menyempurnakan cita rasa dan gizi hidangan Anda, karena margarin Blue Band Serbaguna mengandung vitamin A, B1, B2, D, E serta omega 3 dan 6. Tidak hanya membuat nasi goreng seafood jadi lezat dan beraroma sedap, penambahan margarin Blue Band Serbaguna membuat menu tersebut semakin bergizi.


3. Orak-Arik Telur Sayuran

Kalau Anda dan keluarga ingin menyantap nasi di pagi hari, Anda bisa melengkapinya dengan lauk berupa orak-arik telur sayuran. Telur bisa dipadukan dengan berbagai jenis sayuran seperti kol, wortel, dan daun bawang. Cita rasa orak-arik telur sayuran yang lezat sangat pas bila disajikan dengan nasi hangat. Tubuh pun akan lebih berenergi karena memperoleh asupan protein, serat, vitamin, dan mineral yang seimbang.


4. Omelet Keju

Sajian telur memang selalu disukai semua orang karena lezat dan praktis. Itulah sebabnya telur menjadi salah satu bahan makanan yang baik untuk sarapan. Anda bisa mengolah telur menjadi omelet keju kalau tidak punya banyak waktu luang di pagi hari. Omelet keju sangat mudah dibuat dan siap disajikan dalam waktu kurang dari 10 menit. Jangan lupa menggunakan bahan tambahan lainnya seperti potongan wortel, daging asap, atau sosis sesuai selera. Supaya cita rasa omelet keju buatan Anda semakin menggugah selera.


5. Pancake Cokelat Pisang

Jika sedang ingin menyantap sarapan bercita rasa manis dengan kombinasi buah, pancake cokelat pisang adalah jawabannya. Cara membuatnya juga sangat mudah. Anda tinggal mencampurkan tepung terigu, baking powder, baking soda, gula pasir, dan susu bubuk. Jangan lupa tambahkan kuning telur dan air kemudian aduk hingga merata. Pancake dapat dimasak pada wajan anti lengket dengan menggunakan margarin Blue Band Serbaguna. Setelah kedua sisinya matang, segera angkat lalu sajikan dengan potongan buah pisang dan selai cokelat.


6. Rolade Tahu

Mungkin tidak banyak orang yang mengolah tahu sebagai menu sarapan. Sebenarnya, tahu juga mudah diolah menjadi makanan yang baik untuk sarapan. Anda bisa mengolah tahu menjadi rolade. Gunakan telur dadar sebagai lapisan luar. Kemudian isilah dengan tumisan tahu, daging ayam cincang, wortel, buncis, bawang putih, dan bumbu penyedap. Rolade tahu yang sudah digulung harus dikukus sampai matang sebelum disajikan selagi hangat. Anda juga bisa menggoreng rolade tahu yang sudah diiris agar teksturnya lebih renyah.


7. Cinnamon Toast

Variasi menu sarapan yang bercita rasa rempah pasti terasa istimewa. Anda tidak perlu khawatir dengan proses pembuatannya yang merepotkan. Salah satu menu bercita rasa rempah yang bisa dibuat secara praktis adalah cinnamon toast. Anda tinggal mengoleskan margarin Blue Band Serbaguna pada permukaan roti tawar. Lalu, taburkan campuran gula pasir dan bubuk kayumanis pada permukaan roti. Selanjutnya, Anda tinggal memanggang cinnamon toast pada wajan anti lengket agar teksturnya lebih renyah sebelum disajikan.


8. Potato Gratin

Jika Anda dan keluarga menyukai kentang, jadikan saja bahan makanan tersebut sebagai menu utama sarapan. Buatlah potato gratin yang praktis, sedap, dan mengenyangkan. Potato gratin terdiri dari potongan kentang yang disajikan dengan campuran kocokan telur, susu cair, keju parmesan parut, garam, dan pala bubuk. Campuran tersebut harus diletakkan dalam pinggan anti panas dan dipanggang selama 45 menit dengan temperatur 180 derajat Celcius. Potato gratin yang sudah matang bisa disajikan dengan saus sambal botolan dan mayonnaise sebagai pelengkap.

Di antara kedelapan menu sarapan istimewa tersebut, manakah yang paling menggugah selera Anda? Yuk, sajikan makanan yang baik untuk sarapan agar dapat memenuhi kebutuhan gizi sebelum beraktivitas! Menu sarapan yang istimewa tidak hanya sekadar lezat, tetapi juga harus mengandung gizi yang seimbang.


Sumber:
hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/6-makanan-terbaik-untuk-sarapan/
lifestyle.kompas.com/read/2018/03/06/120000620/pilihlah-makanan-ideal-untuk-sarapan-pernah-coba-
popular-world.com/groove/health/inilah-5-jenis-makanan-terbaik-untuk-disantap-saat-sarapan-pagi--55998/
bp-guide.id/AX1uxJ4c
blueband.co.id/resep/

Diakses pada: 24 Agustus 2018

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Mempraktikkan Resep Pancake Ternyata Mudah!

Mempraktikkan Resep Pancake Ternyata Mudah!

Apakah Ibu suka membuat pancake di rumah?
Tips Agar Resep Kue Kastengel Lebih Renyah Dari Blueband

Tips Agar Resep Kue Kastengel Lebih Renyah Dari Blueband

Banyak manfaat yang dapat Ibu peroleh dengan mempelajari cara membuat kue kering. Selain menambah wawasan Ibu tentang dunia kue kering, mempelajari membuat kue kering juga dapat menghemat pengeluaran untuk membeli camilan. Hemat dan sehat, itulah manfaat yang bisa diperoleh bila membuat kue kering sendiri di rumah.Resep kue kering apa yang pertama kali Ibu buat sendiri?
Tips Dasar Membuat Kue Kering untuk Pemula

Tips Dasar Membuat Kue Kering untuk Pemula

Cara membuat kue kering sebenarnya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Sebagai pemula, Anda bisa mencoba ketiga resep kue praktis ini untuk menambah pengalaman.
Agar Anak Gemar Melahap Sayur Bayam

Agar Anak Gemar Melahap Sayur Bayam

Para Ibu tentu sering bertanya-tanya mengapa anak-anak tidak menyukai sayuran. Padahal, sayuran memiliki kandungan gizi dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi anak-anak biasanya memilih untuk menyingkirkan sayuran ketika sedang makan. Salah satu jenis sayuran yang umumnya tidak digemari anak-anak adalah sayur bayam.
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset