5 Menu Sehat Untuk Anak Kurang Gizi

5 Menu Sehat Untuk Anak Kurang Gizi
Jika buah hati Anda menunjukkan gejala kurang gizi, mulailah berkreasi dengan menu sehat untuk anak kurang gizi demi memaksimalkan tumbuh kembangnya.

Kebutuhan gizi anak pada masa tumbuh kembangnya memang harus dipenuhi secara maksimal. Agar anak tidak mengalami kondisi kurang gizi yang menyebabkan hambatan tumbuh kembang. Pemberian menu sehat untuk anak kurang gizi ternyata masih ampuh mengejar ketertinggalan tumbuh kembang, sehingga anak-anak tetap dapat bertumbuh dengan baik. Menjadi pribadi yang sehat, aktif, dan berenergi sepanjang hari.

Sebelum mengenal aneka menu sehat untuk anak kurang gizi, alangkah lebih baik bila Anda mengetahui tanda-tanda kurang gizi pada anak. Supaya Anda bisa mengatasinya sedini mungkin bila tanda-tanda tersebut terjadi pada buah hati Anda.


Tanda-Tanda Kurang Gizi pada Anak

Beberapa gejala berikut ini dapat mengindikasikan bahwa seorang anak mengalami kurang gizi:

  • Tinggi dan berat badan di bawah rata-rata anak seusianya.
  • Tampak pucat, sulit bernapas, dan lemah.
  • Tidak nafsu makan dan bibir pecah-pecah hingga mengelupas.
  • Gejala penyakit kwasiorkor dan marasmus berupa perut buncit.
  • Lesu dan kurang bersemangat ketika beraktivitas.
  • Rambut dan kulit tampak kusam.
  • Lamban bergerak.
  • Daya pikir dan daya ingat yang kurang tangkas.
  • Sering sakit dan mudah mimisan.
  • Mengalami gangguan penglihatan.

Baca Juga: 10 Zat Gizi Yang Dibutuhkan Untuk Pertumbuhan Anak


5 Menu Sehat untuk Anak Kurang Gizi

Anda tidak perlu terlalu resah bila buah hati Anda menunjukkan gejala awal kurang gizi, karena Anda bisa mengatasinya dengan membuat aneka menu sehat untuk anak kurang gizi. Penggunaan bahan makanan sehat bisa dilengkapi dengan margarin Blue Band Serbaguna yang mengandung vitamin A, B1, B2, D, E serta omega 3 dan 6. Cita rasa dan aroma margarin Blue Band Serbaguna sangat istimewa dan siap menyempurnakan kreasi hidangan Anda.


1. Omelet Keju

Anak-anak pasti akan makan dengan lahap bila disuguhkan menu yang satu ini. Kombinasi telur dan keju mengandung protein, lemak, vitamin D, kalsium, dan beragam jenis gizi lainnya. Anda juga bisa menambahkan sayuran ke dalam omelet keju supaya kandungan vitamin, mineral, dan seratnya semakin sempurna.


2. Nasi Jagung Gurih

Nasi jagung adalah menu praktis yang terbuat dari nasi putih, jagung yang sudah dipipil dan dikukus, smoked beef yang sudah matang, dan margarin Blue Band Serbaguna. Semua bahan tersebut tinggal dicampur dan diaduk hingga rata sebelum disajikan dengan topping berupa parutan keju. Variasi hidangan praktis ini pasti membuat buah hati Anda semakin berselera.


3. Nasi Goreng Seafood

Jika Anda ingin menyajikan menu praktis yang kaya gizi, nasi goreng seafood juga bisa menjadi salah satu solusinya. Bahan-bahan berupa telur, bakso ikan, cumi-cumi, dan udang akan membantu mencukupi kebutuhan protein anak. Jangan lupa menambahkan daun bawang untuk menyedapkan rasa nasi goreng sekaligus menambah asupan serat dalam nasi goreng seafood buatan Anda.


4. Tart Buah Mini

Anak-anak juga membutuhkan sajian camilan lezat di sela-sela aktivitas. Anda dapat membuat tart buah mini sebagai pilihan camilan bergizi. Cara membuat kulit tart tidak sulit. Kulit tart yang sudah matang dan hilang uap panasnya tinggal dihias dengan buah-buahan seperti jeruk dalam kaleng, strawberry, kiwi, dan anggur. Siapapun yang melihat tart buah mini pasti tergugah ingin mencicipinya.


5. Sandwich Isi Abon

Jika Anda sedang tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan menu sehat, sandwich abon bisa menjadi pilihan istimewa. Bahan isian berupa telur dadar dan abon tinggal dipadukan dengan saus tomat dan mayonaise. Selain cocok menjadi menu sarapan, menu yang satu ini juga bisa dijadikan bekal atau camilan.

Ternyata banyak sekali kreasi menu sehat untuk anak kurang gizi yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Risiko kurang gizi tidak akan mengganggu kesehatan buah hati Anda. Kalau Anda telaten membuat kreasi makanan sehat dan lezat setiap hari.


Sumber:
hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/makanan-meningkatkan-gizi-anak/
nutriclub.co.id/kategori/balita/nutrisi/menu-makanan-anak-yang-seimbang/
wyethnutrition.co.id/wajib-coba-menu-plan-makanan-sehat-untuk-anak#
id.theasianparent.com/12-tanda-anak-kurang-gizi/
blueband.co.id

Diakses pada: 22 Agustus 2018

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Hari Pangan Sedunia

Hari Pangan Sedunia

Untuk merayakan Hari Pangan Sedunia kami ingin memulai sebuah misi bersama untuk memberikan makanan kepada ribuan anak melalui Yayasan Unilever yang bekerjasama dengan Program Pangan Dunia.
Apa Bedanya Mentega Dan Margarin

Apa Bedanya Mentega Dan Margarin

Jangan bingung membedakan mentega dan margarin. Ulasan lengkap berikut ini akan menambah pengetahuan Anda tentang kedua bahan makanan tersebut.
5 Bahan Makanan yang Kaya Omega 3

5 Bahan Makanan yang Kaya Omega 3

Setelah mengetahui ragam manfaat omega 3 bagi tubuh, Anda pasti termotivasi mengolah aneka makanan lezat dari bahan makanan yang kaya kandungan omega 3.
Tips Membuat Sandwich Tahan Lama

Tips Membuat Sandwich Tahan Lama

Kini, membuat sandwich tahan lama dan lezat yang akan semakin mudah dengan mengikuti beberapa kiat berikut ini. Selamat mencoba membuat sandwich ini!
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset