4 Tips Penting Dalam Mengaduk Adonan Kue

4 Tips Penting Dalam Mengaduk Adonan Kue
Selain butuh bahan-bahan kue berkualitas, Anda juga harus menguasai cara mengaduk adonan kue yang benar, supaya Anda bisa menghasilkan tekstur kue yang sempurna sesuai keinginan.

Membuat kue memang membutuhkan banyak teknik memasak. Anda mesti mempelajari berbagai teknik supaya bisa menguasai aneka resep kue. Penggunaan bahan-bahan kue berkualitas akan turut menyempurnakan cita rasa dan tekstur kue. Terutama bila Anda menggunakan margarin Blue Band Cake and Cookie. Tekstur lembut dan aroma khasnya akan membuat kue Anda jadi semakin istimewa.

Selain menyiapkan bahan-bahan kue berkualitas, Anda juga mesti melakukan teknik pengadukan adonan yang tepat. Empat tips penting berikut ini akan mempermudah Anda saat mengaduk adonan kue. Supaya nanti Anda bisa menghasilkan tekstur kue yang sempurna sesuai keinginan.


Mengocok Jenis Bahan Tertentu

Telur adalah bahan yang biasanya perlu dikocok dalam proses pembuatan kue. Selain mengocok untuk mencampur bagian kuning dan putih telur, biasanya telur juga dicampur dengan bahan lain seperti gula pasir, tepung terigu, atau margarin. Jika resep mengharuskan telur dikocok hingga mengembang, maka Anda lebih baik mengocoknya dengan mixer.

Mengocok telur dengan mixer berkecepatan tinggi akan membuat telur mengembang sempurna. Putih telur yang sudah mengembang akan kaku dan berwarna putih. Sementara kuning telur yang sudah mengembang akan berwarna kuning pucat dan teksturnya sangat lembut.

Istilah kocok lepas digunakan untuk menyebut pencampuran kuning telur dan putih telur sampai tercampur rata. Anda tidak perlu menggunakan mixer, cukup menggunakan whisk atau garpu. Kocoklah dengan gerakan cepat agar kuning telur dan putih telur segera tercampur.


Jangan Lupa Menggunakan Wadah Yang Tepat

Wadah yang terlalu kecil akan membuat Anda kesulitan mencampurkan seluruh bahan dengan benar. Sementara wadah yang terlalu besar malah membuat sisa adonan banyak tertinggal di seluruh permukaannya. Jadi, siapkan saja wadah berukuran sedang yang sudah disesuaikan dengan takaran bahan-bahan kue. Dengan demikian, Anda bisa mengaduknya secara leluasa dan adonan kue pun akan tercampur sempurna.


Mengenal Istilah “Mengaduk”

Mengaduk berarti melakukan proses pencampuran bahan secara manual. Anda bisa menggunakan spatula karet atau sendok kayu berukuran besar untuk mencampur adonan. Jangan gunakan mixer walaupun sudah menyetelnya dengan kecepatan rendah. Karena proses pengadukan dengan mixer akan membuat udara pada adonan jadi menguap. Akibatnya, kue akan gagal mengembang saat dipanggang atau dikukus.

Jika Anda mengaduk adonan kue dengan sendok kayu, maka adonan akan tercampur rata dan udara di dalamnya tidak menguap. Proses ini akan menghasilkan adonan kue yang mengembang sempurna dan empuk. Adonan akan tetap tercampur rata bila Anda mengaduknya secara perlahan-lahan.


Mempelajari Teknik Aduk Lipat

Teknik aduk lipat juga dikenal dengan sebutan aduk balik. Biasanya teknik ini digunakan saat mencampurkan adonan yang teksturnya ringan dengan adonan yang lebih berat. Misalnya adonan putih telur yang sudah kaku dan adonan tepung terigu yang lebihberat. Setelah kedua bahan dicampurkan, pegang spatula untuk membelah bagian tengah adonan sampai ke dasar. Lalu gerakkan spatula dari bawah agar adonan di salah satu sisi menimpa adonan di sisi lain. Persis seperti gerakan melipat.

Kalau Anda melakukan teknik aduk lipat, udara yang terdapat dalam adonan tidak akan keluar. Proses pembuatan chiffon cake biasanya menggunakan teknik yang satu ini. Sehingga chiffon cake bisa mengembang sempurna dan teksturnya sangat ringan.

Semakin sering Anda membuat kue di rumah, maka Anda pasti semakin mahir mencampur dan mengaduk adonan dengan cara yang benar. Jadi, kue apa yang akan Anda buat dalam waktu dekat ini?


Sumber:
resepkoki.id/2016/12/07/3-tips-mengaduk-adonan-kue-agar-sukses-dan-anti-bantat/
cakefever.com/cara-mengaduk-dan-mengocok-adonan/
Diakses pada: 4 Agustus 2017

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

5 Menu Sehat Untuk Anak Kurang Gizi

5 Menu Sehat Untuk Anak Kurang Gizi

Jika buah hati Anda menunjukkan gejala kurang gizi, mulailah berkreasi dengan menu sehat untuk anak kurang gizi demi memaksimalkan tumbuh kembangnya.
Menyambut Valentine dengan Tren Resep Mash Up ala Blue Band

Menyambut Valentine dengan Tren Resep Mash Up ala Blue Band

Hari Valentine umumnya identik dengan kado istimewa dan cokelat. Sambut valentine dengan tren resep mash up ala Blueband berikut ini.
Manfaat Kopi dalam Resep Kue kering

Manfaat Kopi dalam Resep Kue kering

Disamping memberikan aroma yang lezat, kopi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lho. Berikut ini beberapa manfaat yang terkandung di dalam kopi
Membuat Sandwich Tak Harus dengan Roti Tawar

Membuat Sandwich Tak Harus dengan Roti Tawar

Jika biasanya Ibu hanya berkreasi dengan roti tawar untuk membuat sandwich. Kini Ibu juga bisa menggunakan jenis roti lainnya dengan resep dan tips dari Blueband berikut ini.
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset