4 Kesalahan Saat Memilih Resep Makanan Anak yang Harus Dihindari

4 Kesalahan Saat Memilih Resep Makanan Anak yang Harus Dihindari
Memilih menu makanan sehat untuk anak saja ternyata belum cukup. Anda juga wajib menghindari 4 kesalahan ini agar kebutuhan gizi anak selalu terpenuhi.

Semua orang tua tentu ingin memenuhi kebutuhan anaknya semaksimal mungkin. Termasuk untuk urusan menu makanan yang mendukung tumbuh kembangnya. Menu masakan sehat untuk anak kini memang semakin beragam. Namun bukan berarti Anda bisa sembarangan memilih makanan untuk buah hati Anda. Sebagai orang tua modern yang peduli terhadap masa pertumbuhan si kecil, Anda tentu mesti lebih cermat untuk urusan makanan. Anda mesti menghindari 4 kesalahan ini saat memilih resep makanan anak. Sehingga kebutuhan gizi harian anak bisa tercukupi dengan baik.

Selalu Mengutamakan Nasi

Nasi memang merupakan sumber karbohidrat yang paling umum bagi masyarakat Indonesia bagian barat dan tengah. Tetapi bukan berarti hanya nasi yang bisa membuat anak kenyang dan memenuhi kebutuhan energi untuk tubuhnya. Anak-anak bisa memperoleh asupan karbohidrat dari roti, umbi-umbian, pasta, dan makanan lain berbahan dasar gandum.

Jadi, jangan panik dulu kalau anak yang suka ngemil malah menolak makanan utama yang terdiri dari nasi. Kemungkinan besar buah hati Anda memang sudah kenyang dan asupan gizinya sudah tercukupi. Hal yang mesti Anda lakukan adalah teliti menyiapkan camilan sebagai selingan bagi si kecil. Camilan yang porsinya terlalu besar dan mengenyangkan dapat membuat si kecil enggan menyantap makanan berat lainnya.

Hanya Memilihkan Makanan Kesukaan Anak

Agar tidak repot dan tidak menghadapi si kecil yang rewel dengan makanannya, orang tua kerap memilihkan makanan kesukaan anak sebagai andalan. Aneka makanan olahan yang banyak mengandung pengawet dan bahan tambahan lainnya pun selalu tersedia di dapur. Sesekali menyantap makanan olahan siap saji tentu tidak masalah. Tetapi jangan sampai hal ini malah membuat si kecil jadi semakin enggan menyantap makanan lainnya. Ingatlah bahwa anak-anak juga patut mengonsumsi makanan berbahan dasar sayuran dan buah-buahan. Karena asupan vitamin, serat, dan mineral dalam sayuran dan buah-buahan sangat dibutuhkan oleh anak.

Jangan ragu untuk berkreasi dengan menu makanan sehat untuk anak yang bahan dasarnya variatif. Biarkan anak-anak Anda mencicipi beragam jenis makanan bergizi sejak masih kecil. Maka nanti anak-anak akan lebih terbiasa menikmati aneka makanan bergizi dan tidak hanya bergantung pada makanan kesukaannya saja.

Larangan Keras untuk Mengonsumsi Fast Food

Melarang anak-anak untuk makan fast food hanya akan membuat anak menjadi semakin penasaran. Bahkan kemungkinan besar anak-anak bisa menyantap fast food secara berlebihan saat sedang tidak berada di rumah. Jadi, biarkan anak menyantap fast food di rumah dengan porsi yang wajar. Sesekali menikmati fast food tidak lantas akan mengganggu kesehatan anak.

Anda bisa memberi contoh kepada anak-anak bahwa bukan hanya fast food yang cita rasanya lezat. Aneka hidangan lain yang kandungannya sehat pun tidak kalah lezat dan menggugah selera. Nanti anak-anak akan lebih memahami manfaat gizi seimbang yang didapatkannya melalui makanan.

Mengikuti Resep Tanpa Berkreasi

Mengikuti resep tentang menu makanan sehat untuk anak memang baik. Tetapi bukan berarti Anda tidak dapat berkreasi dengan resep tersebut. Anda justru bebas menambahkan bahan makanan bergizi agar resep makanan jadi semakin menggiurkan. Anda bisa berkreasi dengan menambahkan Blue Band Serbaguna yang akan membuat anak-anak jadi ketagihan menyantap makanan buatan Anda.

Kalau Anda tidak pernah bosan berkreasi dengan resep makanan anak, Anda pasti akan selalu berhasil menemukan ide-ide baru yang menakjubkan. Kemampuan memasak Anda bertambah, kebutuhan gizi anak pun tidak perlu dikhawatirkan. Perbanyak kreasi Anda dalam membuat bekal yang sehat untuk anak melalui halaman resep bekal dari Blue Band. Mari menjadi orang tua modern yang peduli terhadap tumbuh kembang anak sedini mungkin!

Sumber:

nakita.grid.id/Balita/5-Kesalahan-Mama-Yang-Membuat-Anak-Susah-Makan
food.detik.com/read/2016/12/07/173003/3365447/297/ini-3-kesalahan-yang-perlu-dihindari-saat-memberikan-makan-si-kecil
food.detik.com/read/2008/11/02/122553/1029759/294/enam-kesalahan-orang-tua-soal-makanan
life.viva.co.id/news/read/116262-tiga-fakta-kesalahan-makanan-pada-anak

Diakses pada: 7 Juni 2017

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Agar Si Kecil Gak Gampang Sakit

Agar Si Kecil Gak Gampang Sakit

Cuaca yang gak menentu memang bisa berakibat buruk bagi si kecil, apalagi jika ia sedang dalam kondisi tidak fit. Ayo simak tips berikut agar si kecil tetap sehat dan gak gampang sakit.
Ragam Resep Sarapan Bergizi untuk Si Kecil

Ragam Resep Sarapan Bergizi untuk Si Kecil

Untuk memenuhi asupan gizi dan nutrisi si kecil. Yuk, simak beberapa nutrisi berikut yang harus ada pada resep sarapan pagi yang Ibu buat untuk si Kecil.
Resep Kue Basah Pukis Pandan Lezat untuk di Rumah

Resep Kue Basah Pukis Pandan Lezat untuk di Rumah

: Kue basah bisa menjadi camilan nikmat yang bisa dihidangkan di rumah. Nah, jika anda ingin membuatnya, resep kue basah pukis ini bisa anda coba!
Melengkapi Gizi dalam Sepiring Nasi Goreng

Melengkapi Gizi dalam Sepiring Nasi Goreng

Berbekalkan margarin Blue Band Serbaguna dan kreasi resep nasi goreng, Ibu tak perlu gundah untuk dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi buah hati Ibu.
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset