4 Cara Tepat Agar Adonan Kue Mengembang Sempurna

4 Cara Tepat Agar Adonan Kue Mengembang Sempurna
Kreasi resep kue tradisional atau jenis kue lainnya harus melalui tahapan pembuatan yang benar. Agar adonannya mengembang sempurna dan menghasilkan kue lezat.

Membuat aneka kue lezat kini sangat mudah. Mulai dari resep kue tradisional hingga kue modern, semuanya bisa Anda dapatkan secara mudah melalui internet dan buku resep. Anda pun makin leluasa mengkreasikan beragam resep kue dengan bahan-bahan favorit Anda. Salah satu kendala paling menyebalkan saat membuat kue adalah adonan yang tidak berhasil mengembang sempurna. Akibatnya, tekstur kue jadi keras dan kurang lezat ketika disantap. Jangan resah dulu jika Anda pernah mengalami hal tersebut hingga beberapa kali. Setelah mengetahui 4 cara berikut ini, pasti Anda makin mahir membuat adonan kue jadi mengembang sempurna.

Selalu Menggunakan Takaran Resep dengan Tepat

Mengurangi atau menambah bahan dasar kue bisa membuat adonan kue jadi gagal mengembang. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda senantiasa menggunakan bahan-bahan sesuai dengan takaran pada resep. Misalnya, menggunakan margarin Blue Band Cake and Cookie yang sudah ditimbang secara cermat.

Margarin Blue Band Cake and Cookie akan membuat adonan kue menjadi lebih lembut dan harum. Namun bila digunakan secara berlebihan, adonan kue malah akan gagal mengembang bahkan jadi melebar saat dipanggang. Sama pula halnya dengan penggunaan tepung terigu, gula, telur, dan bahan dasar lainnya. Semua harus pas agar dapat menghasilkan tekstur dan rasa yang tepat.

Jangan Langsung Mencampurkan Gula

Langsung mencampurkan gula saat pertama kali mengocok adonan kue hanya akan mengacaukan tekstur adonan Anda. Karena gula memiliki tekstur berat yang dapat membuat putih telur gagal mengembang. Alangkah lebih baik jika Anda mencampurkan gula bila adonan putih telur sudah mengembang. Penggunaan wadah kaca untuk mengocok putih telur juga dapat mempengaruhi kualitas adonan. Kebersihan wadah kaca lebih mudah dijaga sehingga tidak ada sisa-sisa lemak yang menempel. Karena sedikit sisa lemak bisa mengganggu tekstur putih telur dan akhirnya membuat putih telur gagal mengembang.

Ciri-ciri putih telur yang sudah mengembang sempurna adalah warna putih seperti buih dengan tekstur yang tidak mudah tumpah ketika wadahnya dibalik. Usai memasukkan gula sedikit demi sedikit, aturlah mixer Anda pada kecepatan sedang. Sehingga adonan putih telur akan beradaptasi dengan baik saat dicampurkan dengan gula. Untuk penggunaan kuning telur, Anda bisa mengocoknya secara terpisah supaya lebih mudah menyatu dengan adonan ketika dicampurkan.

Mengatur Temperatur Oven Sebelum Memanggang

Temperatur oven harus diatur dengan tepat agar bisa membuat adonan mengembang maksimal. Sembari mengocok adonan kue, usahakan untuk mulai memanaskan oven dengan api kecil. Sehingga oven mencapai temperatur yang tepat saat adonan kue siap dipanggang. Kalau oven terlalu panas, kecilkan api kompor dan tunggu beberapa saat. Jangan memasukkan adonan dulu karena Anda harus menunggu temperatur oven turun. Jika oven sudah tidak terlalu panas, maka Anda bisa langsung memanggang adonan. Anda akan terbiasa mengatur temperatur oven meskipun tanpa termometer kalau Anda sudah sering memanggang kue.

Jangan Terlalu Sering Membuka Oven

Saat sedang memanggang kue, usahakan untuk tidak sering-sering membuka oven. Karena udara di luar oven bisa mempengaruhi kestabilan temperatur dalam oven. Hal ini bisa menyebabkan kue jadi gagal mengembang dan teksturnya mengeras. Alangkah lebih baik bila Anda menyiapkan timer untuk mengatur durasi pemanggangan. Anda juga bisa menggunakan oven yang memiliki jendela kaca. Maka Anda dapat melihat proses pemanggangan secara mudah tanpa harus membuka tutup oven.

Kini berkreasi dengan resep kue tradisional atau variasi kue lain yang dipanggang pasti tak membuat Anda khawatir lagi. Karena risiko adonan kue gagal mengembang bisa diminimalkan. Seluruh anggota keluarga akan takjub dengan sajian kue lezat yang Anda buat sendiri di rumah. Perbanyak referensi Anda dalam membuat beragam resep kue melalui halaman resep kue dari Blue Band. Ternyata membuat kue yang lezat dengan tekstur sempurna itu mudah.

Sumber:

cantik.tempo.co/read/news/2016/08/09/338794406/tip-agar-cake-mengembang-sempurna
msn.com/id-id/kuliner/tipsandtricks/teknik-membuat-kue-panggang-mengembang-sempurna/ar-AAlnFcf?li=AA4Zl6
tribunnews.com/lifestyle/2013/10/03/kesalahan-cara-bikin-yang-membuat-kue-gagal-mengembang
lifestyle.kompas.com/read/2010/07/28/11091327/mengocok.telur.agar.kue.mengembang.sempurna

Diakses pada: 7 Juni 2017

Tips Tumbuh Kembang Lainnya

Menyulap Nasi Jadi Bekal Bergizi

Menyulap Nasi Jadi Bekal Bergizi

Banyak Ibu yang merasa kerepotan karena buah hatinya lebih gemar menyantap camilan daripada hidangan utama.
Sejarah Cupcake dari Masa ke Masa

Sejarah Cupcake dari Masa ke Masa

Bu, siapa sih yang tidak mengenal cupcake? Kelezatan dan bentuknya yang cantik membuat banyak orang tergoda untuk mencicipinya. Selain lezat dan cantik, banyak sekali hal menarik dari sejarah perkembangan cupcake lho.
Mari Belajar Menghias Aneka <em>Cupcake</em> Favorit!

Mari Belajar Menghias Aneka Cupcake Favorit!

Selain menjadi resep camilan untuk menemani waktu santai, kue cupcake yang dihias dengan cantik juga cocok jadi menu berbuka puasa dan hidangan lebaran. Yuk, pelajari dulu cara menghiasnya.
Tips Memasak Lezat dengan Menggunakan Margarin

Tips Memasak Lezat dengan Menggunakan Margarin

Kegiatan memasak adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi para ibu rumah tangga. Para ibu dapat berkreasi menciptakan hidangan-hidangan baru yang lezat dan disukai seluruh anggota keluarga. Inspirasi untuk berkreasi dengan resep masakan dapat diperoleh melalui browsing di internet, membaca majalah kuliner, atau berdiskusi dengan para sahabat.
A
A
A
Timer
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Mulai
Reset